8 Cara Membersihkan Jendela Rumah

Dibandingkan lantai, jendela lebih jarang dibersihkan. Padahal, jendela merefleksikan keindahan rumah secara keseluruhan. Jika jendelanya bersih, tentu rumah akan terlihat lebih cantik. Selain itu, cahaya alami bisa masuk ke dalam rumah tanpa halangan noda yang menempel pada kaca jendela.

Untuk itu, Sobat Ngopi harus rajin membersihkan jendela seperti membersihkan bagian-bagian rumah lainnya. Berikut ini ada delapan cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan jendela hingga bening dan kinclong.

Lap dengan Kain Microfiber
Untuk menghapus sisa air yang menempel di kaca, gunakan kain microfiber atau lap basah. Setelah itu, keringkan jendela bagian bawah untuk menghilangkan sisa tetesan air.

sumber: today.com

Bersihkan dengan Spons
Jendela bisa dibersihkan dengan menggunakan spons. Formulanya sederhana saja tapi ampuh, yakni campuran air hangat dan sabun cair. Yang harus diingat, sedikit busa justru lebih baik.

Jika menggunakan cairan pembersih kaca yang mengandung kandungan kimia keras, ingatlah untuk berhati-hati menggunakannya. Pastikan juga cairan tersebut tidak merusak cat di kerangka di jendela.

Seka dengan Squeegee
Window Squeegee adalah alat serupa pisau yang terbuat dari karet yang berfungsi untuk membersihkan kaca jendela, etalase, atau sejenisnya, juga membantu menghilangkan kotoran, noda, dan debu di permukaan kaca.

Caranya, gunakan squeegee bersih untuk menyeka kaca jendela dengan pola S terbalik mulai dari atas jendela hingga ke bawah. Untuk hasil bersih yang maksimal, sebelum mengulang bilasan selanjutnya, bersihkan ujung squeegee menggunakan kain untuk membuang kotoran agar tidak kembali menempel.

Bersihkan di Hari Berawan
Meskipun cahaya matahari mempermudah untuk melihat kotoran dengan lebih jelas, namun sinarnya membuat jendela mengering terlalu cepat. Setelah itu, akan muncul goresan pada kaca yang membuat pekerjaan harus diulang berkali-kali. Karena itu, pilihlah hari berawan dengan iklim lembab untuk sesi pembersihan jendela.

Bersihkan Dua Kali Setahun
Membersihkan kaca jendela harus dilakukan setidaknya dua kali dalam setahun. Membersihkan jendela setiap enam bulan sekali akan memberi perubahan yang menyeluruh. Ruangan menjadi lebih terang, dan jika ada kotoran sedikit saja di kaca jendela akan terlihat sangat jelas.

Buat Larutan Pembersih Sendiri
Tak perlu membeli larutan pembersih kaca, Sobat Ngopi bisa membuatnya sendiri, loh. Caranya sangat mudah, cukup dengan menambahkan dua sendok makan cuka ke dalam satu ember kecil berisi air hangat. Larutan ini dapat membersihkan kaca tanpa merusak cat dan menimbulkan banyak busa.

Gunakan Campuran Amonia dan Boraks
Untuk noda yang membandel, gunakan dua sendok makan amonia atau boraks yang dicampur dengan satu ember besar air sebagai cairan pembersih. Setelah itu, bilas dengan larutan pembersih yang terbuat dari dua sendok makan cuka dan satu ember air hangat. Lalu, lap kaca dengan kain kering.

Bersihkan dengan Koran
Kaca yang terlihat bersih juga harus dibersihkan. Tak perlu menggunakan air, pakai saja koran bekas sebagai pembersih. Tinta printer yang ada di koran bekas akan memberi kilau ekstra pada kaca.

Tinggalkan Balasan