8 Kelebihan dan Kekurangan Jendela Aluminium untuk Hunian

Hallo Sobat Ngopi kali ini kita akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan jendela menggunakan Aluminium, yuk simak….

Sekarang, bukan lagi masanya kayu. Aluminium menjadi material yang jauh lebih diminati untuk membangun rumah impian. Material ini bisa digunakan di mana saja, mulai dari menjadi bagian kontruksi hingga menjadi jendela aluminium!

Kalau kamu perhatikan, rumah bergaya minimalis modern maupun kontemporer cenderung lebih memilih jendela aluminium dibandingkan jendela dari bahan lainnya. Kamu pun mungkin tertarik memasang jendela aluminium di rumah untuk menciptakan kesan yang lebih modern.

Namun, tunggu dulu! Saran Kania, sebaiknya kamu mempertimbangkan terlebih dahulu plus minus dari jendela aluminium untuk hunian. Kelebihan dan kekurangan jendela aluminium di bawah ini dapat menjadi pemandumu untuk menentukan penggunaan jendela aluminium!

PLUS MINUS MENGGUNAKAN JENDELA ALUMINIUM

Jendela Aluminium Mudah Dirawat

Pic. By windowsplusuk.com

Salah satu alasan jendela aluminium digemari para pencinta hunian modern adalah karena materialnya sangat mudah dibersihkan. Kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus untuk menjaga kebersihan dan keawetan jendela aluminium. Kalau jendela terlihat kotor, kamu cukup mengelapnya menggunakan kain basah agar kembali bersih. Sangat mudah, bukan?

Jendela Aluminium Tahan Lama

Pic. By sternfenster.com

Dibandingkan dengan jendela kayu, jelas jendela aluminium lebih awet. Material dasar aluminium membuat kamu tidak perlu khawatir jendela akan cepat rusak karena mengalami keropos. Selain itu, yang pasti juga adalah jendela aluminium anti rayap! Kamu bahkan bisa memasang jendela aluminium di tempat yang lembap, seperti untuk jendela kecil kamar mandi tanpa harus waswas jendela akan cepat rusak.

Jendela Aluminium Tidak Berubah Bentuk

Pic. By albanywindows.co.uk

Kamu yang terbiasa dengan jendela kayu pasti sudah tidak asing dengan keluhan kusen jendela yang memuai atau menyusut karena perubahan cuaca. Keluhan ini dijamin tidak ada kalau kamu memakai jendela aluminium!

Bahan aluminium tahan terhadap segala jenis cuaca. Bentuknya tidak akan berubah, meski diterpa suhu panas atau dingin. Jadi, bentuk jendela aluminium di hunianmu pun tidak akan menyusut atau memuai.

Jendela Aluminium Stabilkan Suhu

Pic. By jdmagicbox.com

Ruangan dengan jendela aluminium cenderung akan memiliki suhu yang lebih stabil. Ini karena perekatan jendela aluminium sangat kuat sehingga udara yang masuk dari luar sangat sedikit apabila jendela ditutup. Alhasil, suhu ruangan pun tidak terlalu terpengaruh dengan perubahan cuaca yang ada di luar rumah. Buat hunian berpendingin udara, jendela alumunium yang mampu menciptakan kestabilan suhu ini bisa membuat anggaran listrik lebih hemat!

Jendela Aluminium Harganya Murah

Pic. By aluminiumwindows-london.uk

Kamu bisa menghemat isi dompet jika memilih menggunakan jendela aluminium ketika membangun hunian. Hal ini karena harga material aluminium lebih murah dibandingkan material besi atau kayu yang kerap menjadi bahan dasar jendela.

Jendela Aluminium Sangat Ringan

Pic. By totalinstallations.co.uk

Aluminium merupakan salah satu logam paling ringan yang ada di pasaran. Beratnya hanya sekitar 2,7 gram per micro kubik. Bobot jendela aluminium yang ringan sendiri sangat menguntungkan karena bisa meminimalkan risiko terjadinya roboh pada hunian ketika terjadi gempa.

Bentuk Jendela Aluminium Terbatas

Pic. By darleyaluminium.com.au

Kalau kamu perhatikan, bentuk-bentuk jendela aluminium sangatlah simpel dan tidak memiliki banyak pilihan gaya. Inilah yang menjadi kekurangan dari jendela aluminium.

Konsep minimalis umumnya menjadi mutlak dari bentuk jendela aluminium. Tentunya untuk rumah minimalis dan modern, bentuk ini ideal. Namun, untuk rumah dengan konsep lain, bentuk jendela aluminium bisa jadi membosankan dibandingkan model jendela kayu yang memiliki lebih banyak pilihan bentuk.

Jendela Aluminium Sulit Dipasang

Pic. By utench.com

Kamu tidak bisa asal dalam memasang jendela aluminium di hunianmu. Untuk memasang jendela ini, harus dilakukan menggunakan sekrup fisher yang dibor dan ditanam menembus sisi jendela dan tembok. Risikonya, jika tidak hati-hati, pemasangan jendela aluminium rentan merusak dinding hunianmu.

Nah Sobat itu dia kekurangan dan kelebihan dari penggunaan Jendela Aluminium, Semoga bermanfaat..

Sumber : Dekoruma.com

Tinggalkan Balasan