Agar Ruangan Tetap Terang Meski Tanpa Jendela, Lakukan 3 Trik Ini

Tidak semua ruangan di rumah memiliki jendela. Padahal fungsi jendela sangat penting sebagai jalan masuknya matahari, juga untuk sirkulasi udara.

Jika suatu ruangan tidak memiliki jendela, maka dekorasinya harus bisa menciptakan ilusi cahaya yang seolah-olah ada jendela di sana. Berikut ini tiga trik yang dapat dilakukan dalam mendekorasi ruangan yang tidak berjendela agar tetap terasa terang.

Pasang Cermin Besar

sumber: livinator.com

Trik mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menggantung cermin besar di dinding. Keberadaan cermin bisa memantulkan cahaya dan menyebarkannya ke seluruh ruangan.

Memasang cermin dengan panel kaca terbagi di ruang tamu bisa membuatnya terlihat seperti jendela. Untuk di kamar mandi maupun dapur, tambahkan cermin seukuran jendela di seberang wastafel. Bisa juga memasang cermin dengan beberapa ukuran berbeda di seluruh ruang tanpa jendela.

Pencahayaan Tambahan

sumber: thestar.com

Sangat penting untuk menambah pencahayaan yang berlapis di ruangan tanpa jendela, misalnya menggunakan lampu gantung. Tak hanya itu, bisa juga menambahkan elemen dekorasi yang bermaterial kaca agar dapat menciptakan ruang menjadi lebih terang.

Cat Terang

sumber: housebeautiful.com

Ruangan tanpa jendela harus didesain dengan warna terang dan furnitur yang tidak terlalu besar agar tetap ringan. Penting juga untuk menjaga dinding agar tetap putih dengan memperhatikan tampilan ruang yang teratur. Selain itu, gunakan kain dan aksesori berwarna netral juga bisa dilakukan untuk dapat menambahkan tekstur ke dalam ruangan, juga agar ruang terlihat tetap rapi.

dilansir dari: thespruce.com

Tinggalkan Balasan