Agar Rumah Selalu Kinclong, Bagian-Bagian Ini Harus Dibersihkan Setiap Minggu

Kalau ingin rumah selalu bersih, rapi, dan kinclong, Sobat Ngopi harus rajin bersih-bersih dan merapikan setiap bagiannya. Ada yang harus rutin dilakukan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan setahun sekali. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah rutinitas bersih-bersih rumah mingguan.

Bagian-bagian rumah yang mana saja yang harus dibersihkan dan dirapikan setiap minggunya? Yuk, simak daftarnya berikut ini, ya…

Rak dan Bufet
Rak penyimpanan dan bufet harus rutin dibersihkan setiap minggu. Caranya sederhana, dengan mengelap kering permukaannya saja. Selain itu, jangan lupa juga untuk merapikan isi di dalam rak atau bufet, juga pajangan-pajangan yang ditaruh di atasnya.

sumber: cleaning.lovetoknow.com

Kaca Jendela
Luangkan waktu seminggu sekali untuk membersihkan kaca jendela secara detail, sampai noda-noda kecilnya. Gunakan kertas koran dengan campuran cuka dan air untuk membuat kaca jendela bening kembali.

Tirai
Jika diperhatikan, tirai sering tertutup debu dan kotoran. Untuk menghindari debu menumpuk tebal, tirai perlu dibersihkan setiap minggu dengan campuran cuka dan air.

Kolong dan Belakang Furnitur
Bagian bawah dan belakang furnitur dan perabotan merupakan sarang kotoran dan debu. Bersihkan kedua bagian tersebut seminggu sekali agar tak ada debu dan kotoran yang menumpuk.

Kasur
Meskipun kasur selalu ditutup seprai, tetap saja akan ada debu atau kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya, gunakan campuran cuka, peroksida, dan air untuk menyemprot kasur, kemudian taburi dengan baking soda. Setelah itu, bersihkan dengan vacuum cleaner agar kasur terlihat seperti baru kembali.

Tempat Tidur Hewan Peliharaan
Tempat tidur hewan peliharaan juga perlu dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Ganti penutup tempat tidur hewan, dan bersihkan tempat tidur yang kotor dari bulu yang menempel. Jangan lupa juga untuk membersihkan semua mainan hewan peliharaan. Rutin membersihkan area ini akan mencegah berkembangbiaknya kutu dan penyakit dari kotoran hewan.

Saluran Air
Walaupun saluran air di rumah tidak tersumbat, tetapi idealnya tetap harus dibersihkan secara teratur setiap minggu, jangan menunggu tersumbat dulu. Caranya, tuang setengah cangkir baking soda ke dalam saluran air, kemudian tuangkan satu cangkir cuka panas. Setelah itu, siram saluran dengan air.

Tinggalkan Balasan