Agar Tidak Menyesal, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mengecat Rumah

Banyak orang memilih melakukan sendiri pekerjaan mengecat tanpa merekrut tukang untuk menghemat biaya. Selain itu, pekerjaan mengecat sering dianggap simpel dan mudah, sehingga bisa dilakukan sendiri.

Padahal, ada beberapa hal yang penting diperhatikan saat mengecat rumah agar hasilnya bisa maksimal, juga tidak semua orang benar-benar memahami dan serta menguasai teknik mengecat yang tepat. Nah, berikut ini lima kesalahan yang harus dihindari saat mengecat rumah.

Salah Pilih Warna Cat
Salah satu kesalahan yang umum terjadi dalam mengecat rumah adalah salah memilih warna. Sering terjadi, warna cat di label tidak sesuai ekspektasi saat dipulas ke dinding. Untuk menghindarinya, sebelum membeli cat sebaiknya meminta sampel cat terlebih dahulu untuk dioleskan ke dinding. Amati hasil warnanya di siang dan malam hari untuk membantu mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

sumber: welshdesignstudio.com

Mengecat di Permukaan Mengkilap
Permukaan yang telah memiliki lapisan pernis atau cat mengkilap perlu dibersihkan terlebih dahulu. Jika tidak dibersihkan, cat baru tidak akan menempel dengan baik di dinding, dan hasil akhirnya akan buruk. Adapun cara membersihkan permukaan dari lapisan pernis atau cat mengkilap yaitu dengan menggunakan amplas atau cairan deglosser.

Tidak Menutup Bagian yang Tidak Dicat
Tutup bagian yang tidak dicat agar hasil lebih rapi dan tidak meninggalkan bercak-bercak cat. Misalnya saat akan mengecat dinding, tutupilah jendela sampai ke lantai dengan menggunakan plastik atau koran bekas. Jika ingin mengecat langit-langit, pastikan semua barang atau furnitur telah tertutupi.

Mengecat Berlebihan
Mengecat umumnya dilakukan dua kali pemulasan. Lapisan pertama menggunakan roller, kemudian beri sentuhan akhir dengan kuas. Saat mengecat dengan roller, cukup satu kali gerakan saja, kemudian segera berpindah ke bagian lain. Sementara saat menggunakan kuas, cukup dua kali sapuan. Hindari gosokan kuas lebih dari dua kali, apalagi saat cat mulai tampak mengering. Menyikat secara berlebihan di area yang sama ketika cat kering akan menghasilkan bekas sapuan cat yang tidak merata.

Mengecat dalam Cahaya Rendah
Hindari mengecat permukaan interior dalam cahaya redup. Permukaan yang dicat mungkin terlihat bagus pada awalnya, tapi ketika membuka jendela atau menyalakan lampu, akan terlihat perbedaan ketebalan cat. Selain itu, pastikan mengecat saat kondisi cuaca yang baik, sehingga dinding tidak lembap atau terlalu panas.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan