Alat Elektronik di Rumah Cepat Rusak? Coba Cek 5 Hal Penting Ini

Pernah nggak sih Sobat Ngopi menemukan alat elektronik yang sudah rusak padahal belum lama dibeli? Kalau hal seperti itu sering terjadi, artinya umur pemakaian alat-alat elektronik di rumah Anda pendek alias tidak awet. Karena harga barang-barang elektronik relatif tidak murah, sayang sekali jika harus membelinya lagi dalam waktu yang berdekatan.

Banyak hal yang menyebabkan peralatan elektronik di rumah menjadi mudah rusak. Untuk itu, coba Anda perhatikan dan cek lagi hal-hal penting berikut ini agar barang-barang elektronik menjadi lebih lama masa pakainya.

sumber: nicepng.com

Cek Tegangan Listrik
Saat akan membeli dan sebelum menggunakan alat elektronik, periksa dulu instalasi listrik di rumah. Pastikan kapasitas alat elektronik tersebut sesuai dengan tegangan atau voltase listrik di rumah Anda. Tegangan listrik yang tidak stabil atau sering naik-turun merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan alat elektronik. Jika listrik di rumah tidak stabil, sebaiknya gunakan stabilizer.

Baca Aturan Pakai
Saat membeli barang elektronik, banyak orang yang langsung memasangnya begitu saja tanpa membaca buku manualnya terlebih dahulu. Padahal, Anda harus mengetahui bagaimana penggunaan yang benar dari perabot elekronik tersebut, yang sesuai aturan pakainya. Banyak loh barang elektronik yang cepat rusak karena asal pasang dan asal pakai. Misalnya, mengisi kulkas dengan terlalu banyak makanan bisa menghalangi sirkulasi pendinginnya dan lama-lama merusak kulkasnya.

Perhatikan Peletakan
Jangan asal taruh alat elektronik, tapi letakkan di tempat yang tepat. Perhatikan agar suhu di ruangan tersebut sesuai dengan temperatur mesin. Ruangannya juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari tempat-tempat yang lembab dan yang terkena sinar matahari langsung karena akan merusak komponen-komponen tertentu yang ada di dalam alat elektronik. Perubahan temperatur udara juga akan mengakibatkan kerusakan mesin.

sumber: bestlifeauthority.com

Cek Stop Kontak
Kondisi stop kontak sering dilupakan. Kondisi stop kontak yang kotor, berdebu, dan lembab juga bisa merusak alat-alat elektronik. Selain itu, jangan letakkan beberapa colokan terlalu dekat. Beri jarak minimal 10 cm untuk ruang sirkulasi udara. Jika terlalu rapat, panas yang dihasilkan akan merusak peralatan elektronik.

Pakai Secara Rutin
Coba cek alat-alat elektronik apa saja di rumah yang hanya jadi pajangan karena jarang sekali dipakai? Bukan hanya keseringan pakai, barang-barang yang jarang dipakai juga akan mudah rusak. Mesin di dalam alat elektronik diciptakan untuk bekerja. Karena itu, rutinlah memakai alat elektronik, paling tidak seminggu sekali.

Tinggalkan Balasan