Apa Itu Warna Superneutral? Yuk, Kenali dan Ketahui Cara Mengaplikasikannya

Warna superneutral tercipta ketika warna berani dicampur dengan warna krem atau abu-abu. Warna krem dan abu-abu sendiri telah digunakan di banyak rumah selama beberapa dekade.

Kedua warna tersebut telah menjadi pilihan umum dan memiliki daya tahan lama dalam hal desain, namun terkadang bukan pilihan menarik ketika berdiri sendiri. Karena itu, krem dan abu-abu sering kali dibuat percampuran yang menciptakan warna hijau, merah, ungu, merah muda, serta kuning lembut.

Warna ini memberikan nuansa indah dan konsisten di seluruh rumah tanpa membuat suasana membosankan. Superneutral memberikan rasa nyaman pada spektrum antara warna-warna cerah dan netral yang terasa terlalu aman.

Superneutral dianggap sebagai pilihan bagus untuk dinding, karpet, dan sebagai warna aksen. Nah, berikut ini pilihan warna superneutral dan cara mengaplikasikannya di rumah.  

Hijau Lembut

foto: home-designing.com

Bicara soal dekorasi rumah, hijau adalah pilihan yang bagus. Hijau superneutral menghadirkan perasaan tenang dan damai di rumah. Hijau adalah warna yang sering dilihat ketika berada di alam, serta memberi ketenangan. Pilih warna-warna yang senada seperti rumput, dedaunan, dan warna alami lainnya yang tidak teralu cerah.

Lavender

foto: Martha O’Hara Interiors

Lavender sering dianggap sebagai pilihan cukup berisiko untuk dekorasi rumah. Padahal, warna ini bisa menyatukan lingkungan tenang dan ramah. Lavender mewakili kemurnian, ketenangan, juga keheningan. Meski tidak disarankan mengecat dinding dengan warna ungu, cobalah masukkan lewat warna aksen, furnitur, atau hiasan dinding. Bisa juga dengan menambahkan beberapa bantal kursi berwarna ungu pucat, tirai lavender tipis, bahkan satu perabot mewah seperti sofa.

Kuning Lembut

foto: ANTHONY MASTERSON

Kuning dikenal berani dan cerah, tapi ada banyak warna kuning superneutral yang bisa diaplikasikan dengan baik di ruangan mana pun di rumah. Untuk pilihan warna kuning netral bisa menggunakan warna kuning pucat yang terinspirasi musim semi atau goldenrod yang lebih dalam. 

Peach

foto: mccash.co.uk

Peach adalah rona yang terinspirasi dari wilayah selatan yang bisa datang dalam bentuk apa saja, dari warna cat hingga tampilan buah peach itu sendiri. Bersantai di ruangan berwarna peach bisa mengingatkan pada matahari terbenam, kebun, atau akhir hari musim panas yang sempurna. 

Hijau Mint

foto: housing.com

Hijau mint adalah warna aksen yang menyenangkan untuk dapur, kantor, kamar mandi, atau ruang khusus atau studio untuk berkreasi seni. Nuansa mint klasik bisa diaplikasikan di setiap aspek dekorasi rumah, dari gorden hingga sofa. Ada juga pilihan warna hijau mint yang relatif lebih baru yang dikenal sebagai neo mint. Warna ini bernuansa lebih pastel, serta memberikan tampilan cantik ke ruangan apapun di rumah.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan