Aplikasi Open Floor Plan Agar Ruangan Tetap Serasi

Open foor plan atau rancangan denah terbuka adalah konsep desain interior dengan menggabungkan beberapa ruangan dalam satu area tanpa partisi atau dinding pemisah. Tujuan konsep rancangan ini untuk membuat ruangan terkesan lebih luas dan lega.

sumber: elledecor.com

Namun, penggabungan beberapa ruang dengan fungsi yang berbeda terkadang terlihat tak serasi dari segi interior, warna, ataupun materialnya. Misalnya, ruang keluarga yang disatukan dengan ruang makan dan dapur, bisa jadi tampak tak serasi jika penataannya kurang pas.

Lalu bagaimana agar aplikasi open floor plan tetap terlihat cantik, harmoni, serasi, dan tak terlihat perbedaan mencolok dari desainnya satu sama lain? Nah, ini dia triknya untuk Sobat Ngopi semua.

sumber: mitsblindsnorthdfw.com

Pertama, Anda harus memperhatikan penggunaan material pada area-area yang akan digabungkan. Penggunaan materi yang berbeda tentu penting sebagai pembeda antarruangan. Namun, perlu diperhatikan agar dua material yang berbeda itu tetap serasi dari segi visual. Misalnya, lantai di living area menggunakan potongan keramik berbentuk mozaik, sementara dining area mengaplikasikan lantai parket.

Usahakan untuk melakukan pemilihan warna yang kontras namun senada. Untuk tampilan yang serasi, pilih karpet untuk salah satu ruang yang warnanya tidak jauh berbeda dengan warna dominasi ruang lainnya.

sumber: mckenziecollection.com

Kemudian, jangan lupa berikan jarak yang cukup antara ruang yang satu dengan lainnya agar tidak menganggu akses satu sama lain. Jangan letakkan meja makan terlalu dekat dengan sofa di living area, atau menaruh kompor yang terlalu dekat dengan rak piring di dining area. Jika areanya tidak terlalu luas, triknya bisa dengan cara mengubah arah hadap furnitur agar aksesnya tidak bertabrakan satu sama lain.

Simpel kan, Sobat Ngopi? Selamat mendesain, ya!

Tinggalkan Balasan