Bahan-Bahan Sederhana Ini Ampuh Hempas Bau Tak Sedap di Rumah

Jika di rumah tercium bau-bau tak sedap tentu tidak nyaman sama sekali. Bau-bauan jangan dibiarkan begitu saja, Sobat Ngopi. Karena selain mengganggu penciuman, bau tak sedap juga jadi indikator adanya pembusukan, yang tentu saja jadi tempat bersarang bakteri, kuman, dan virus yang jadi sumber penyakit.

Yuk, hempaskan bau-bau tak sedap agar rumah bersih dan nyaman. Tak sulit loh mencari bahan-bahan penghilang bau. Bahan-bahannya juga sederhana, biasanya ada di rumah, dan harganya relatif tidak mahal. Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara pakainya?

Soda Kue
Teteskan soda kue pada dasar tempat sampah yang telah dibersihkan, juga pada kantong plastik sampah baru yang akan digunakan.

sumber: aireserv.com

Boraks
Boraks juga dapat menetralisir bau tak sedap. Caranya, cukup taburkan boraks di dasar tempat sampah atau pada tempat-tempat yang berbau tak sedap lainnya. Boraks dapat dibeli di toko bahan kimia dan apotek tertentu.

EM4
Semprotkan cairan yang mengandung EM4 (effective microorganisme) pada tempat sampah secara berkala. Cairan ini banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Bakteri EM4 merupakan bakteri bermanfaat yang dapat mengatasi bakteri pembusuk dan dapat menetralisir bau tak sedap. Cairan ini banyak dipakai untuk membuat pupuk kompos.

Cuka Dapur
Sifat asam cuka dapur mampu mentralisir bau cat yang tajam. JIka rumah Anda sedang dicat dan bau menyengatnya tak tertahankan, tinggal tuangkan cuka secukupnya pada mangkok penadah dan letakkan di tengah ruangan yang sedang dicat.

Garam
Sama seperti cuka, garam juga bisa mengaburkan bau cat. Caranya, campurkan satu gelas air dengan dua sendok makan garam. Letakkan larutan tersebut di pojok ruangan yang berbau cat.

Kayu Manis
Aroma kayu manis dapat menangkal bau tak sedap di dapur. Caranya, sebarkan bubuk kayu manis pada tatakan kompor di sekitar api. Selain itu, serbuk kayu manis bisa juga disangrai sampai gosong dan mengeluarkan bau harum kayu manis yang menyegarkan.

Air Jeruk Lemon
Aroma jeruk lemon bisa menangkal bau tak sedap di dapur. Caranya, peras satu buah jeruk lemon, campur dengan satu gelas air dan beberapa cengkeh, lalu rebus selama 20 menit. Cairan penangkal bau tak sedap dari air jeruk lemon pun bisa langsung digunakan.

Bubuk Kopi
Bubuk kopi mampu menghilangkan bau tak sedap yang ada di dapur. Caranya, cukup taruh bubuk kopi secukupnya pada mangkuk. Simpan bubuk kopi tersebut di salah satu bagian sudut dapur yang dirasa paling bau. Diamkan semalaman dan aroma tidak sedap pun akan hilang dengan sendirinya. Gunakan juga cara yang sama untuk menghilangkan bau pada kulkas.

Tinggalkan Balasan