Bahan-Bahan Sederhana Ini Ampuh Menghalau dan Mengusir Semut di Rumah

Kehadiran semut di rumah bukan sekadar berbaris di dinding dan menatap curiga seperti lirik lagu Kisah Kasih di Sekolah yang dinyanyikan oleh mendiang Chrisye. Keberadaan semut bisa sangat mengganggu jika sudah bersarang dan menyerbu makanan yang ada di meja.

Lalu, bagaimana caranya agar untuk mengusir kawanan semut-semut nakal yang ada di rumah? Simak trik-trik dari bahan sederhana, namun hasilnya ampuh berikut ini.

Kapur
Karena semut tidak bisa merayap melintasi goresan kapur, buatlah garis dengan kapur pada jalan lintasan barisan semut.

sumber: istockphoto.com

Kopi
Taburkan ampas kopi pada sarang semut dan jalan semut ke arah sarang. Ulangi selama beberapa hari dan rumah pun akan bebas semut.

Cara lain, masukkan sedikit kopi ke dalam kain, kemudian masukkan bungkusan kopi ini dalam stoples yang sering diganggu semut.

Boraks dan Gula
Racun semut bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan sederhan. Caranya, campur dua sendok teh boraks dan satu cangkir gula. Masukkan ke dalam botol selai kecil, lubangi tutupnya, lalu sebarkan ramuan tersebut di sekitar rumah. Namun hati-hati, jangan sampai ramuan ini termakan oleh hewan peliharaan.

Kapur Barus
Racun semut juga bisa dibuat dengan bubuk kapur barus. Caranya, tumbuk kapur barus dan sebarkan bubuknya di tempat-tempat yang banyak semutnya.

Daun Sirih
Letakkan beberapa lembar daun sirih di sekitar makanan yang disenangi semut.

Air
Agar makanan tidak dikerubingi semut, tempatkan wadah makanan di atas wadah berisi air.

Vaselin
Olesi kaki meja atau lemari dengan vaselin. Selain itu, usahakan agar tidak menempatkan meja atau lemari dengan menempel pada dinding.

Minyak Goreng
Olesi bagian luar stoples gula dengan minyak goreng agar tidak didekati oleh semut. Cara lainnya, bisa juga dengan melilitkan karet gelang di leher kaleng susu, stoples gula, dan stoples kue-kue manis.

Tinggalkan Balasan