Begini 6 Cara Menyapu dengan Benar, Wajib Kamu Ketahui!

Hallo sobat Ngopi kali ini kita akan membahas mengenai tata cara menyapu dengan benar, supaya lebih bersih gitu lho Sobat. Yuk simak….

Tips dan Trik Menyapu Lantai dengan Tepat

Rutin menyapu lantai rumah sangat penting untuk membuat kondisi hunian bersih dan bebas dari debu. Jadi, kamu pun bisa lebih bebas duduk, bahkan tidur-tiduran santai di lantai rumah tanpa memikirkan kotoran yang mungkin menempel ke kulit.

Kenyataannya, walau terlihat simpel, aktivitas menyapu lantai masih sering gagal dilakukan banyak orang. Ada yang setelah menyapu ternyata lantai malah terlihat lebih kotor. Ada juga yang seusai menyapu lantai, sapunya justru rusak. Apakah kamu pernah mengalami keluhan seperti itu juga ketika menyapu lantai?

Nah, supaya nggak ketemu dengan keluhan-keluhan itu, tentunya kamu harus tahu trik menyapu lantai dengan benar. Cara yang sebenarnya tidak sulit. Namun, jika tidak dilakukan, kegiatan menyapu lantai yang kamu lakukan akan sia-sia karena kotoran bisa tidak tersapu, bahkan lantai jadi lebih kotor. Yuk, ikuti tips dan trik dari Kania di bawah ini!

Pilih Jenis Sapu yang Tepat

Pic By pixabay.com

Sapu yang ideal untuk menyapu lantai adalah yang memiliki ujung bulu dengan keadaan miring. Model sapu ini akan membuat kamu lebih mudah membersihkan bagian bawah perabotan, seperti kolong tempat tidur dan pinggir lemari.

Selain bentuknya, kamu juga harus bijak memilih bahan dasarnya. Sapu berbahan sintetis lebih ramah dipakai untuk lantai rumah berbahan keramik parket atau vinyl. Ini karena teksturnya lebih halus dan tidak mudah merusak lantai. Supaya kegiatan menyapu lantai semakin nyaman, pilih juga sapu yang gagangnya setidaknya setinggi pundakmu supaya tidak merasa pegal.

Lap dan Keringkan Lantai yang Basah

Pic. By cleaningfairies.co

Jangan nekat langsung menyapu lantai yang basah atau lembap. Niat hati membuat lantai bersih, menyapu lantai yang basah justru membuat basahan air menyebar dan menimbulkan noda di banyak tempat. Jadi, sebelum menyapu lantai, sebaiknya kamu mengelap lantai yang basah terlebih dahulu, entah itu karena air ataupun bahan makanan seperti saus dan kecap. Tunggu sampai bagian lantai tersebut kering dan barulah mulai untuk menyapu lantai.

Bersihkan Sapu Sebelum Dipakai

Pic. By vacateeasy.com.au

Sapu yang kotor tentu tidak bisa melakukan pembersihan secara maksimal. Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan dahulu sapu yang mau kamu pakai dari sisa debu atau jaring laba-laba. Barulah setelah itu, kamu bisa mulai menyapu lantai.

Tidak ada salahnya pula jika sesekali kamu membersihkan ijuk sapu yang kotor ketika kegiatan menyapu dilakukan dengan kaki ataupun lidi, kemudian langsung masukkan kotoran ke tempat sampah. Dijamin, hasil menyapu lantaimu akan lebih bersih!

Mulai dari Sudut Ruangan

Pic. By medium.com

Lokasi awal menyapu lantai bisa sangat berpengaruh pada kebersihan lantai. Idealnya, menyapu lantai rumah dilakukan dari sudut ruangan. Kamu bisa membawa kotoran dari sudut tersebut ke bagian tengah ruangan untuk dikumpulkan dan siap ditampung ke dalam pengki nantinya.

Lakukan Gerakan Pendek-pendek

Pic. By productnation.co

Bagaimana gerakanmu selama ini ketika sedang menyapu lantai? Apakah kamu terbiasa membersihkan debu dengan cara menyeretnya dari sudut ruangan sampai ke luar rumah tanpa henti? Hal itu salah dan justru membuat banyak debu yang tercecer kembali. Menyeret debu juga berpotensi membuat kotoran menempel di sapu sehingga pembersihan lantai jadi tidak maksimal. Nah, untuk menghindari hal tersebut, biasakanlah untuk melakukan gerakan menyapu lantai dengan seretan pendek-pendek.

Serok Kotoran ke Pengki

Pic. By Google.com

Setelah kotoran dari penjuru ruangan terkumpul, segeralah serok semuanya ke dalam pengki. Lakukan penyerokan dengan hati-hati. Gerakan menyerok yang terburu-buru dan asal bisa membuat debu kembali beterbakan ke berbagai area rumah. Setelah terkumpul ke pengki, jangan biarkan terlalu lama dan menunggu hasil sapuan dari ruangan lain. Segera buang kotoran di pengki untuk menghindari risiko tumpah atau terbawa angin.

Jangan lupa, setelah menyapu lantai, sebaiknya kamu langsung mencuci kaki. Tujuannya supaya lantai tidak kembali kotor oleh debu yang ada di telapak kakimu. Jika rumah bersih, kamu pun pasti lebih betah bersantai di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sumber : Dekoruma.com

Tinggalkan Balasan