Benarkah Warna Gelap Membuat Ruangan Jadi Terlihat Sempit?

Warna terang dipercaya bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Hal itu membuat warna-warna cerah dan terang sering diaplikasikan pada ruangan sempit untuk menyulapnya menjadi tampak lebih lega.

Nah, jika warna terang berefek visual meluaskan, bagaimana dengan penggunaan warna gelap? Apakah warna-warna gelap akan menyebabkan tampilan menjadi sebaliknya alias jadi terlihat lebih sempit?

Faktanya, furnitur dan elemen dekorasi berwarna gelap memang akan memberi kesan sempit pada ruangan. Namun di balik hal tersebut, ruangan yang menampilkan furnitur dengan warna seperti kayu hitam atau arang, atau warna kayu seperti ceri atau kenari bisa tampak lebih menenangkan.

foto: designingcity.com

Karena itu, pilihlah furnitur warna gelap dengan fitur tertentu dan pikirkan dekorasi dengan matang agar dapat menyamankan suasana dan terasa menjadi tidak terlalu sempit. Nah, simak tips berikut untuk menyiasati ruangan bernuansa warna gelap.

Furnitur warna gelap yang tebal, besar, dan terlalu besar akan membuat ruangan semakin kecil. Sebagai gantinya, gunakan sandaran kepala yang ramping, meja rias yang tinggi dan bukan yang lebar, dan nakas yang ringkas, atau meja samping tempat tidur yang ramping dengan kaki yang ramping.

Furnitur warna gelap dengan lapisan mengkilap seperti cermin memantulkan cahaya daripada menyerapnya. Seperti halnya lapisan datar, cahaya yang dipantulkan membuat ruangan kecil lebih terang, lebih lapang, dan lebih terbuka.

Di ruangan dengan furnitur gelap, gunakan trik dekorasi untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Wallpaper horizontal berwarna terang atau garis-garis yang dicat akan mempertegas dinding rendah, sementara garis-garis vertikal memperlebar dinding pendek.

Gunakan lantai pucat atau karpet dengan garis-garis untuk memperbesar ruang. Tempat tidur putih dan perawatan jendela memberikan kontras dan warna terang membuat ruangan tampak lebih besar.

Gantung gorden tinggi dan lebar untuk memberi kesan lebih besar. Namun, jika Sobat Ngopi menyukai pengaturan yang lebih kecil atau lebih nyaman, gunakan furnitur gelap pada dinding burgundy gelap, hijau tua, atau biru laut.

Gabungkan bantal putih, ornamen kaca, dan karya seni logam mengkilap ke dalam aplikasi yang menarik.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan