Biar Kolam Renang Selalu Bersih, Lakukan 3 Tips Mudah Ini

Kolam renang tidak selalu dipakai setiap hari, sehingga kebersihannya sering terabaikan. Padahal, dinding kolam renang yang selalu basah rentan ditumbuhi lumut, dan permukaannya yang terbuka mudah sekali menjadi kotor.

Agar kehadiran kolam renang bisa semakin mempercantik tampilan rumah, Sobat Ngopi harus rajin dan rutin membersihkannya. Bukan cuma dikuras dan dibersihkan dengan klorin, tapi lakukan tips berikut ini untuk membuat kolam renang di rumah selalu bersih dan terawat.

Miliki Peralatan Pembersih Kolam
Jika memiliki kolam renang di rumah, pastikan juga untuk mempunyai semua alat pembersih yang diperlukan, mulai dari jaring, sikat kolam, hingga vacuum. Untuk jenis sikat, pilih yang sesuai dengan material dinding kolam renang. Misalnya untuk dinding kolam dari beton yang tidak dicat, gunakan sikat dari bahan stainless steel. Sementara untuk kolam renang yang dindingnya terbuat dari fiberglass, vinyl, atau tembok yang dicat, gunakan sikat dengan bulu nilon.

sumber: architecturaldigest.in

Buat Jadwal Rutin
Untuk mencegah kolam renang menjadi terlalu kotor, pastikan untuk membuat jadwal pembersihkan kolam secara rutin. Sikat area dinding, tangga, dan sudut kolam minimal dua kali seminggu. Pastikan melakukan pembersihan hingga ke setiap sudut dan celah yang bisa ditumbuhi lumut. Sementara, kotoran daun atau debu harus diangkat setiap hari agar tidak menumpuk di permukaan kolam renang.

Bersihkan Filter dan Dek Kolam
Walaupun sudah menyikat atau melakukan vakum kolam renang secara rutin, tapi kalau filter kolam kotor, air kolam juga bakal ikut kotor. Karena itu, bersihkan juga filter kolam. Selain itu, jangan cuma membersihkan isi kolam renang, tapi bersihkan juga bagian dek kolam. Karena sering terpapar air, bagian dek bisa menjadi lebih licin dan kotor.

Tinggalkan Balasan