Biar Nggak Bingung, Ini 4 Langkah Mudah Mengisi Rumah dengan Perabotan

Mengisi rumah dengan perabotan bukan hanya hal yang menyenangkan dan mengasyikkan, tapi juga kadang bisa membingungkan. Saat berburu perabot, sering kali banyaknya variasi membuat sulit dalam menentukan pilihan. Bisa jadi, bujet membengkak gara-gara membeli furnitur yang sebenarnya tidak diperlukan.

Dalam memilih furnitur, selaraskan temanya dengan desain ruangan. Namun bukan hanya dari segi keindahan, fungsi perabot juga harus diutamakan. Berikut ini empat langkah mudah dalam menentukan perabot untuk mengisi rumah impian menjadi lebih indah.

Tentukan Furnitur Utama
Sebelum mengisi rumah dengan perabotan, tentukan dulu furnitur utama dalam sebuah ruang, yang sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Contohnya, untuk ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai area hiburan, furnitur utama yang dibutuhkan adalah sofa dan rak untuk meletakkan televisi dan barang elektronik lainnya. Selain itu, diperlukan juga meja kecil untuk menaruh camilan, juga piring dan gelas.

sumber: home-designing.com

Tambahkan Furnitur Aksen
Jika furnitur utama dalam ruang sudah terpenuhi dan masih ada sisa ruang, tambahkan furnitur aksen yang berfungsi menonjolkan estetika ruangan. Furnitur aksen ini bisa berupa meja bufet yang diletakkan di sudut ruangan.

Yang perlu diingat, desain furnitur aksen tentu saja harus selaras saat disandingkan dengan furnitur utama dan furnitur lainnya secara keseluruhan di dalam ruangan tersebut.

Perindah dengan Pernak-pernik
Jika ruangan sudah mulai terisi, barulah memperindahnya dengan pernak-pernik unik yang senada dengan tema ruangan agar tata ruangnya semakin cantik. Misalnya, aksesori meja seperti hiasan lilin, pigura foto dengan desain unik, atau suvenir-suvenir yang dibeli dari berbagai tempat saat liburan. Jika ingin mengangkat desain tertentu, usahakan pernak-perniknya memiliki tema yang sama dengan tema desain ruangan.

Hiasi Dinding dengan Lukisan
Selain pernak-pernik ruangan, hiasi dinding yang kosong dengan lukisan atau artwork lainnya untuk lebih menghidupkan ruangan. Ingatlah untuk memperhatikan proporsinya agar ruangan tidak terkesan penuh. Satu atau dua buah lukisan pun sudah cukup, namun terlihat harmonis dan mampu menjadi pengangkat tema yang tepat.

Selain lukisan, kain bermotif etnik bisa dipilih untuk digantungkan di salah satu sudut dinding. Meski sederhana, hiasan dari kain mampu memberikan sentuhan tersendiri dalam sebuah ruangan.

Tinggalkan Balasan