Bikin Penasaran, Kok Bisa Sih Ada Rayap Bersarang di Rumah?

Kehadiran koloni rayap di rumah benar-benar bikin resah. Masalahnya, rayap yang bersarang di rumah bisa menyebabkan kerusakan struktur bangunan dan membuat cat dinding mengelupas.

Walaupun kondisi rumahnya terlihat bersih dan terawat, tidak menutup kemungkinan tetap ada rayap yang bersarang. Nah, pasti Sobat Ngopi penasaran dan sering bertanya-tanya, kok bisa ada rayap?

Ternyata, jawabannya karena rayap punya tiga kebutuhan dasar, yaitu makanan, kehangatan, dan kelembapan, yang semuanya itu ada di rumah. Dan bicara soal makanan rayap, ternyata bukan cuma kayu, tapi juga semua yang mengandung selulosa, seperti kertas dan karton.

sumber: suntikrayap.com

Nah, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab bersarangnya rayap di rumah, dan juga cara untuk mencegah rumah jadi sarang koloni rayap.

Rumah Bermaterial Kayu
Rayap menyukai kayu karena merupakan sumber makanan sekaligus tempat berteduh untuk mencari kehangatan. Rumah berbahan kayu memang rentan terserang. Prinsipnya, setiap rumah yang memiliki lantai dan dinding kayu rentan terhadap kerusakan karena rayap bisa masuk ke rumah melalui kayu yang bersentuhan dengan rumah, seperti dek, pintu, tumpukan kayu bakar, dan bahkan dahan pohon. Namun, tidak menutup kemungkinan munculnya rayap di material lain, seperti bata, batu, dan plesteran.

Kondisi Rumah Lembap
Jenis rayap bawah tanah tertarik pada kelembaban. Genangan air di sekitar pondasi rumah atau kelembaban berlebih yang disebabkan pipa bocor dan drainase selokan yang buruk jadi tempat rayap bersarang. Kemudian, mereka akan mencari makanan, yang tidak lain dan tidak bukan material bangunan rumahlah makanannya.

Ada Bukaan pada Eksterior Rumah
Karena ukurannya yang kecil, rayap bisa masuk ke rumah dari tanah melalui hampir semua lubang. Walaupun tidak bisa menembus beton padat, rayap bisa menembus celah beton yang lebarnya hanya 1/32 inci. Setelah berhasil menyelinap, rayap akan menjadikan rumah sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan makannya.

Cara Menghindari Serangan Rayap
Sebelum rayap bersarang di rumah, segera lakukan aksi pencegahan. Caranya dengan membuat rumah jadi kurang menarik bagi rayap, misalnya:
* Menyingkirkan kayu yang menyentuh pondasi rumah.
* Menyingkirkan sumber makanan rayap, seperti pohon mati dan kayu bakar.
* Memeriksa semua kayu sebelum menggunakannya di rumah.
* Memperbaiki masalah saluran air dan drainase yang menyebabkan kelembapan.
* Menutup segala lubang di eksterior rumah agar tidak menjadi pintu masuk bagi koloni rayap.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan