Bosan dengan Warna-Warna Monokrom? Ini Panduan Memilih Warna Dinding untuk Rumah Modern Minimalis

Rumah modern minimalis yang sedang tren beberapa tahun belakangan ini banyak mengaplikasikan warna-warna monokrom seperti hitam dan putih. Tapi sering kali, warna monokrom terasa membosankan bagi sebagian orang.

Karena sebenarnya tidak ada larangan menggunakan warna-warna lain di luar hitam dan putih, jadi sapuan cat warna lain tetap bisa diaplikasikan pada dinding rumah minimalis. Beberapa warna yang cocok dikombinasikan dengan warna monokrom misalnya pink, cokelat kemerahan, abu-abu, hijau tua, dan hijau pucat.

Berikut panduan memilih warna dinding agar rumah modern minimalis terasa lebih nyaman dan tidak terkesan berlebihan.

Tentukan Kegunaan Ruangan

sumber: home.tarkett.com

Setiap ruangan di rumah memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Ada yang digunakan untuk bekerja, memasak, bersantai, ataupun berkumpul. Jadi sebelum memilih warna, tentukan dulu fungsi ruangannya. Dan karena pemilihan warna akan memengaruhi perasaan seseorang, pastikan warna yang dipilih sudah sesuai dengan tujuan ruangan.

Perhatikan Arah dan Intensitas Cahaya

sumber: homesartdesign.blogspot.com

Selalu perhatikan cahaya yang masuk ke ruangan sebelum menentukan pilihan warna. Misalnya, dari mana arah cahaya masuk dan berapa banyak intensitas cahaya yang masuk.

Warna yang sama dapat terlihat sama sekali berbeda, tergantung dari cahaya yang mengenainya. Begitupun cahaya di siang hari atau di malam hari, cahaya alami atau cahaya buatan, semuanya berperan penting dalam bagaimana warna akan terlihat pada dinding.

Sesuaikan dengan Elemen Ruangan

sumber: bergernepal.com

Agar terlihat nyaman, sesuaikan pemilihan warna dengan elemen-elemen yang ada di dalam ruangan. Jika ruangan tersebut memiliki lantai yang indah, pilih warna yang cocok untuk menonjolkannya. Pertimbangkan juga furnitur yang sudah ada dalam ruangan, dan pastikan warna yang dipilih bisa melengkapi semua elemen dalam ruangan.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan