Bukan Cuma Buat Bikin Kue, Ini Kegunaan Lain Baking Powder di Rumah

Baking powder atau dikenal juga sebagai soda kue bisa digunakan para ibu di rumah untuk membuat kue. Tapi di luar kegunaannya sebagai pengembang adonan, baking powder juga punya manfaat luar biasa untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Rupanya, bahan yang terkandung di dalam baking powder mampu untuk membersihkan rumah dan sejumlah perabotan.

Berikut ini beberapa manfaat lain baking powder sebagai bahan pembersih yang cukup ampuh membuat rumah dan perabotannya kinclong kembali.

Membersihkan Kotoran Hewan
Walaupun sudah dilatih, hewan peliharaan kadang tak bisa hilangkan kebiasaan buang air di tanah. Tak jarang, mereka menggaruk-garuk lantai dan buang air di lantai. Jika di rumah ada hewan peliharaan yang suka buang air sembarangan, membersihkannya tak cukup dengan dipel. Bersihkan lantai yang terkena kotoran hewan itu dengan baking powder yang dicampur dengan air secukupnya.

sumber: seriouseats.com

Menghilangkan Noda di Pakaian
Noda yang menempel kuat di pakaian sulit sekali dibersihkan walau sudah memakai detergen yang berkualitas. Jika noda di pakaian membandel, coba gosokkan baking powder pada noda di pakaian tersebut. Kotoran yang melekat di pakaian pun akan hilang.

Membersihkan Dapur
Kondisi dapur yang berminyak dan terkena tumpahan makanan kadang sulit dibersihkan. Caranya, tuangkan baking powder di permukaan meja dapur atau perlengkapan dapur yang kotor. Baking powder dapat membersihkan dapur tanpa harus dibilas dengan sabun.

Membersihkan Panci Berkerak
Panci yang sudah lama dipakai akan menghitam dan berkerak pada bagian bawahnya. Tapi jangan khawatir, panci yang berkerak bisa kembali kinclong setelah dibersihkan menggunakan baking powder.  Caranya, tuangkan baking powder ke dalam panci, biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Tinggalkan Balasan