Bukan Cuma Buat Masak, Gula Juga Bisa Buat Bersih-Bersih di Rumah, Loh!

Gula biasa digunakan untuk memasak, membuat kue, ataupun untuk dicampur ke dalam minuman seperti teh, kopi, dan susu. Tapi ternyata, manfaat gula bukan cuma sebagai pemanis. Gula rupanya berguna juga sebagai bahan pembersih barang-barang yang ada di rumah.

Namun untuk menjadi bahan pembersih, gula harus dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Berikut ini perabotan rumah yang bisa dibersihkan dengan gula.

Piring dan Perabotan dari Kaca
Untuk membuat piring dan perabotan kaca lainnya jadi kinclong, campurkan tiga sendok makan gula dan satu sendok makan baking powder. Lalu, tambahkan sedikit air ke dalam campuran tersebut. Campuran gula dan baking powder berguna sebagai detergen untuk membersihkan perabotan kaca.

sumber: timesofindia.indiatimes.com

Perabotan dari Perak
Untuk perabotan yang terbuat dari perak, ambil tiga sendok makan gula dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan air mawar ke dalam butiran gula. Campurkan hingga gula mencair. Bahan alami ini dapat digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga yang terbuat dari perak dan membuatnya mengilap.

Perabotan Berkarat
Untuk menghilangkan karat pada perabotan, peras sebuah lemon ke dalam mangkuk yang berisi tiga sendok makan gula. Lalu, aduk hingga gula mencair. Larutan ini bisa membantu untuk menghilangkan karat pada peralatan rumah tangga.

Lantai Bernoda
Gula ternyata bisa loh untuk membersihkan lantai. Caranya, tuang empat sendok makan cuka ke dalam sebuah mangkuk, kemudian tambahkan gula. Lalu, celupkan kapas ke dalam campuran bahan tersebut untuk membersihkan noda yang menempel di lantai rumah.

Pakaian Putih
Untuk menggantikan pemutih pakaian yang terbuat dari bahan kimia, gula dan tomat solusinya. Tomat sendiri merupakan bahan pemutih yang sangat kuat. Jika ada pakaian putih terkena noda, campurkan gula dan tomat untuk menghilangkan nodanya. Caranya, cukup rendam pakaian putih bersama campuran tersebut hingga tak ada lagi noda yang menempel.

Tinggalkan Balasan