Bukan Cuma Ciptakan Efek Luas, Kaca Bikin Rumah Jadi Elegan dan Eksotis

Penggunaan material kaca sering kali difungsikan untuk memberikan efek lebih luas pada ruangan yang kecil. Namun bukan hanya itu, kaca juga memiliki fungsi dekoratif yang akan membuat tampilan rumah lebih elegan dan eksotis.

Material kaca bisa diaplikasikan pada banyak bagian di rumah, mulai dari atap sampai ke lantai. Berikut tips pengaplikasian kaca agar rumah terlihat lebih menarik dan unik, seperti yang dilansir dari balkonie.com.

Atap

sumber: catcubed.com

Kaca dapat diaplikasikan sebagai atap rumah dengan menggunakan kanopi kaca. Atap kaca berfungsi sebagai pelindung bagian luar rumah dari cuaca buruk, juga alternatif pelindung bagi kendaraan.

Hal yang harus diperhatikan, khusus untuk atap, gunakan ketebalan kaca minimum 12 mm. Pastikan juga bahwa kaca tersebut diproses dalam suhu tinggi agar lebih kokoh.

Dinding

sumber: homify.co.id

Kaca yang digunakan untuk dinding rumah biasanya berfungsi sebagai penghubung atau penyekat antara ruangan satu dengan yang lain. Dinding kaca bisa digunakan sebagai penghubung ruang keluarga dengan taman belakang atau kolam renang.

Penggunaan material kaca sebagai pengganti dinding harus didesain dengan tepat agar dapat memunculkan nilai estetika dan interior yang unik.

Lantai

sumber: liveenhanced.com

Penggunaan kaca pada lantai rumah akan memberikan kesan dramatis dan eksotis. Namun jangan lupa, perhatikan segi penempatan, kondisi ruang, serta ketebalan kaca.

Tangga

sumber: granddesignstairs.com

Untuk tangga, gunakan kaca sebagai penghubung ke ruang tamu. Pengaplikasian material kaca untuk tangga bisa memberikan efek luas pada ruang tamu yang mungil.

Jendela

sumber: dar-al-sabah.com

Pengaplikasian material kaca pada jendela memang umum dilakukan. Namun, kesannya akan terasa berbeda jika dikreasikan dengan bentuk dan motif yang tidak pasaran.

Tipsnya, buat gorden sedikit lebih naik dan lebar dari ukuran jendela. Jika ingin menjejerkan dua atau tiga jendela sekaligus, satukan gorden untuk seluruh jendela, sehingga membuat ruangan terkesan penuh dan lega.

Pintu

sumber: cdn11.bigcommerce.com

Penggunaan pintu geser bermaterial kaca akan mempertahankan kesan sederhana dan modern pada rumah. Penggunaan pintu geser pada ruang utama akan menghadirkan kesan konvensional dan tradisional, dengan memadukan bagian pintu kaca dengan material kayu, stainless steel, atau trails. Penggunaan pintu kaca bisa juga diterapkan pada pintu kamar mandi. Aplikasi kaca pada pintu kamar mandi akan menimbulkan efek yang sama, yakni menambah kesan menarik serta modern pada rumah. Material kaca yang akan digunakan pun bisa dipilih sesuai selera.

Tinggalkan Balasan