Bukan Cuma Warna, 5 Hal Ini Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Cat

Memilih cat tembok bukan sekadar menentukan warna favorit untuk ruangan di rumah. Selain warnanya, ada hal-hal lain yang tak kalah penting yang harus dipertimbangkan dengan baik. Pertimbangan tersebut berhubungan dengan kesehatan dan dampaknya pada lingkungan.

Selain pemilihan warna, berikut ini beberapa hal penting yang juga harus dipertimbangkan sebelum membeli cat dinding rumah.

Aman Bagi Kesehatan
Karena kesehatan penghuni rumah adalah hal yang utama, pilihlah cat dinding yang aman bagi kesehatan. Cat yang tidak berbahaya bagi kesehatan adalah yang tidak mengandung bahan kimia timah hitm (Pb) dan merkuri (Hg).

sumber: biofriendlyplanet.com

Mengandung Lapisan Anti Jamur
Untuk yang tinggal di kawasan langganan banjir, pilih cat yang mengandung lapisan antijamur, baik untuk dinding eksterior maupun interior. Kondisi pasca hujan yang lembap membuat jamur bisa berkembang biak dengan cepat, salah satunya di dinding rumah. Jika tak ditangani dengan cepat, jamur bisa mengeluarkan spora yang bisa merusak lapisan cat tembok.

Ramah Lingkungan
Pilihlah cat tembok yang ramah lingkungan. Selain tidak mengandung timah hitam (Pb) dan merkuri (Hg), pilih juga cat yang berlabel free leadlow volatile organic compound (VOC). Cat yang ramah lingkungan juga tidak mengeluarkan bau yang menusuk hidung.

Mudah Dibersihkan
Pilih cat tembok yang tahan noda dan mudah dibersihkan. Jika menggunakan cat ini tidak repot membersihkan tembok jika dicoret-coret si kecil atau terkena tanah.

Untuk hasil setengah mengilap, tahan gores, dan tahan gosokan, pilih cat jenis vynil silk atau pearl go. Cat jenis ini sangat mudah dibersihkan, sehingga cocok digunakan pada dapur, garasi, kamar mandi, atau tempat-tempat lain yang rawan kotor. Namun perlu diingat, noda yang bisa dibersihkan adalah yang bersifat waterbase.

Tahan di Kondisi Apapun
Untuk cat eksterior, pilih cat yang tahan terhadap paparan sinar matahari, hujan, dan perubahan suhu. Tujuannya agar cat tidak mengalami kerusakan seperti lapisan retak-retak dan warnanya tak mudah pudar. Sebagian produsen menyebut cat eksterior dengan nama weatherproofweathershiled, weathercoat, dan easyshield.

Untuk cat interior, pilih cat dinding yang perawatannya mudah dan warnanya tahan lama agar tidak perlu melakukan pengecatan ulang setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan