Cara Ampuh Hilangkan Noda-Noda Bandel pada Karpet

Sobat Ngopi pasti menjaga banget kan agar karpet di rumah tidak ketumpahan sesuatu atau terkena kotoran. Pasalnya, menghilangkan noda di karpet adalah pekerjaan yang tidak mudah. Dan seringkali, noda yang sudah dibersihkan masih tetap menimbulkan bekas yang membandel.

Untuk noda yang berbeda, diperlukan bahan yang berbeda pula untuk membersihkannya. Nah, biar Sobat Ngopi mudah dalam menghilangkan noda-noda menjengkelkan di karpet kesayangan, simak tips yang berikut ini ya…

Noda Darah, Telur, Gelatin Basah
Cara menghilangkan noda darah, telur, dan gelatin basah yaitu dengan menyerapnya menggunakan kain putih basah. Kemudian, buatlah campuran 1/2 cangkir garam dengan 1 liter air bersih. Gunakan spons untuk membersihkan noda dengan campuran tersebut. Setelah itu, keringkan dengan lap putih basah, tapi jangan terlalu banyak airnya. Jika masih tetap kotor, campurkan dua sendok teh deterjen non alkalin dengan 1/2 liter air bersih, kemudian bersihkan. Setelah itu, keringkan dengan kain putih.

sumber: reviewed.com

Noda Cat Kuku dan Lipstik
Untuk menghilangkan noda cat kuku dan lipstik bisa menggunakan cairan penghilang kuteks atau nail polish remover, atau bisa juga gunakan obat tetes mata. Setelah beberapa menit, bersihkan noda dengan kain putih kering.

Noda Lilin, Mentega, Lemak, Lem, Permen Karet
Noda lilin, mentega, lemak, lem, dan permen karet bisa dihilangkan dengan dikerik menggunakan sendok makan, pisau tumpul, atau pisau roti. Kemudian, taruh kertas tisu (untuk menyerap kotoran) di area yang terkena noda dan tekan perlahan dengan menggunakan setrika yang hangat. Lakukan secara berulang hingga noda yang berlemak tersebut tak kelihatan lagi di kertas.

Setelah itu, campurkan dua sendok deterjen non alkalin dengan dua sendok makan cuka putih dan 0,5 liter air hangat. Kemudian, masukkan area yang terkena noda ke larutan tersebut. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Keringkan seluruh area yang ternoda dengan hair-dryer dengan mode low. Dan bila memungkinkan, taruh karpet di tempat yang terkena sinar matahari.

Noda Cokelat, Santan Kelapa, Saus, Semir Sepatu
Cara membersihkan noda cokelat, santan kelapa, saus, dan semir sepatu adalah dengan digosok secara perlahan. Lalu, serap noda dengan kain putih basah. Lakukan proses ini selama beberapa kali.

Setelah itu, campurkan secangkir deterjen non alkalin dengan empat gelas air hangat. Celupkan kain putih, kemudian peras dan gosokkan di bagian yang kotor. Lakukan hal ini beberapa kali. Setelah dirasa bersih, keringkan dengan kain putih basah, tapi usahakan jangan terlalu basah.

Noda Urine
Untuk menghilangkan noda urine pada karpet, gosok dengan kain atau handuk putih, lalu serap dengan kain yang dibasahi air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali.

Kemudian, campur dua sendok makan cuka putih dengan 0,5 air hangat. Celupkan kain atau handuk putih, kemudian letakkan di area noda. Ulangi sekali lagi proses ini bila perlu. Setelah itu, bersihkan area noda dengan kain atau handuk putih, lalu keringkan dengan hair dryer mode low.

Tinggalkan Balasan