Cat Kamar Anak dengan Warna-Warna Ini untuk Menstimulasi Otak Si Kecil

Agar anak tumbuh cerdas, otaknya perlu distimulasi. Karena salah satu caranya bisa melalui warna, maka pilihlah warna-warna cat dinding yang dapat menstimulasi pertumbuhan otak si kecil.

Beberapa warna dipercaya memiliki manfaat besar pada perkembangan otak bayi dan anak-anak. Warna-warna tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu warna hangat dan warna dingin. Warna-warna apa saja yang termasuk di dalamnya dan apa efeknya pada otak anak? Berikut penjelasannya, seperti yang dilansir dari rumah.com.

WARNA HANGAT
Warna-warna hangat pada umumnya memberikan efek menambah energi, jadi gunakan hanya sebagai aksen ruangan saja. Penggunaan warna hangat yang berlebihan sangat tidak dianjurkan, terutama pada anak-anak yang memang aktif. Warna-warna yang masuk katagori warna hangat adalah:

sumber: bobvila.com

Oranye
Sesuai jenis kelompoknya, warna oranye memberikan kehangatan dan kenyamanan. Warna ini dapat menstimulasi atau menginspirasi interaksi sosial dan komunikasi.

Kuning
Kuning adalah warna yang cerah, ceria, dan enerjik. Warna ini dekat dengan perasaan bahagia dan juga dapat menstimulasi ingatan. Dengan kata lain, kemampuan mengingat akan bertambah dengan pengaplikasian warna kuning yang sesuai dan dengan jumlah yang juga sesuai.

Merah
Penggunaan warna merah yang berlebihan sangat tidak direkomendasikan pada kamar anak karena warna ini berasosiasi dengan agresi, ketidakmampuan untuk melakukan fokus, dan sakit kepala. Tapi, sentuhan sedikit warna merah pada sebuah ruangan berfungsi untuk memberikan suntikan semangat, memberikan efek menambah energi tubuh, dan meningkatkan kemampuan olah fisik.

Merah Muda
Warna merah muda mewakili keanggunan seorang putri raja. Warna ini membangkitkan sisi feminin dan perasaan empati. Tapi, jangan terlalu berlebihan. Terlalu banyak warna pink di dalam sebuah ruangan justru dapat menimbulkan perasaan yang tak menyenangkan, yang berujung pada kepanikan dan agitasi.

WARNA DINGIN
Dibandingkan dengan warna-warna hangat, warna dingin mempunyai efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran. Warna-warna ini juga memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Warna-warna berikut yang termasuk dalam katagori warna dingin:

sumber: hgtv.com

Biru
Biru kebalikan dengan warna merah. Efek menenangkannya dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kepanikan dan agresi atau keinginan untuk menyerang atau melakukan kekerasan. Tapi, jangan padukan warna biru dengan abu-abu karena akan memunculkan suasana sedih.

Hijau
Hijau mewakili nuansa alam dan menyimbolkan kesehatan. Warna ini memberikan efek menyejukkan bagi tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Beberapa penelitian bahkan pernah mengungkapkan bahwa warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca.

Ungu
Warna ini sering kali dikaitkan dengan kesan ningrat, mewah, kebijaksanaan, dan spiritualitas. Memberikan warna ungu muda pada kamar anak bisa mendorong pada keinginan untuk mendekat diri pada Tuhan.

Putih
Warna yang sering disebut dengan warna malaikat ini mempunyai kesan murni dan tidak berdosa. Warna ini juga memberikan nuansa teduh dan perasaan gembira. Meski demikian, warna ini juga mewakili sesuatu yang bersifat rahasia dan modern, sehingga volume warna putih di sebuah ruangan harus diperhatikan.

Abu-Abu
Meski sering diasosikan dengan kesuraman, kesedihan, dan kesendirian, warna abu-abu juga dapat memberikan inspirasi untuk berkontempelasi. Abu-abu juga dapat memberikan efek lembut dan menenangkan.

Tinggalkan Balasan