Cegah Rumah Kebakaran dengan Memperhatikan 4 Hal Ini

Kebakaran adalah salah satu musibah paling menakutkan yang bisa terjadi pada rumah kita. Karena kalau rumah sudah diamuk si jago merah, kita tak akan sanggup melawannya, kecuali dengan pertolongan pasukan pemadam kebakaran. Maka dari itu, sebaiknya mencegah sebelum semuanya terjadi.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan benar sebagai upaya pencegahan terjadinya musibah rumah kebakaran. Apa saja? Simak uraian berikut ini.

Penggunaan Listrik dan Peralatannya
Gunakan listrik dan peralatan listrik di rumah secara bijak. Hindari menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Selain itu, hindari juga pemasangan instalasi listrik di rumah dengan terlalu banyak sambungan menggunakan isolasi. Apabila isolasi tersebut terkena panas listrik, maka akan mudah memuai dan mengelupas.

sumber: lighthouse.mq.edu.au

Jauhkan Pemicu Api
Bukan cuma korek api, minyak tanah, tabung gas, parfum, dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya simpan benda-benda yang bisa memicu api tersebut dengan rapi, di tempat yang jauh dari jangkauan api.

Hati-Hati dengan Tabung dan Kompor Gas
Jangan sepelekan tabung dan kompor gas hanya karena sudah terbiasa menggunakannya. Tetap berhati-hati saat memasak dan jangan sampai ada kebocoran gas. Saat akan memasang regulator, jangan menyolok bibir tabung gas dengan pisau jika karetnya tidak pas. Selain itu, jika ingin bepergian dalam waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan regulator dari tabung gas.

Sediakan Alat Pemadam Kebakaran
Banyak hunian yang tidak dilengkapi dengan fire extinguisher atau alat pemadam kebakaran. Sebaiknya Sobat Ngopi menyediakan alat pemadam kebakaran di dalam rumah. Selain itu, alat deteksi asap juga penting dalam mencegah kebakaran.

Tinggalkan Balasan