Ciptakan Kesan Natural Eksotis dengan Lantai dari Bambu

Sobat Ngopi ingin lantai rumah Anda terlihat eksotis? Penggunaan material dari bambu bisa jadi pilihan menarik, loh.

Tekstur bambu yang khas membuat lantai menjadi sangat unik. Pilihan warnanya yang beragam juga bisa disesuaikan dengan warna interior lainnya di rumah Anda. Selain itu, lantai bambu akan menampilkan kesan yang natural.

sumber: pinterest.com

Bambu juga lebih ramah lingkungan loh, Sobat Ngopi. Dibandingkan dengan kayu, bambu punya kemampuan tumbuh yang cepat. Ada bambu yang bisa tumbuh 60 sentimeter dalam satu hari, sementara kayu butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh besar dan tinggi.

Pemasangan lantai bambu sendiri sama dengan pemasangan lantai dari material lainnya, misalnya kayu. Biayanya pun relatif terjangkau.

Tidak ada perawatan khusus untuk lantai bambu. Bambu dapat bertahan dalam waktu empat hingga enam tahun. Bambu lebih tahan lembap karena pori-porinya rapat. Rayap juga kurang menyukai bambu dibandingkan kayu.

Lantai bambu juga lebih keras dibandingkan kebanyakan kayu. Bambu bisa bertahan dari tekanan hingga bobot 2 ton.

sumber: architectaria.com/

Pemeliharaan lantai bambu tidak jauh beda dengan lantai pada umumnya. Hanya saja, lantai dari bambu sebaiknya disapu menggunakan sapu berbahan nilon. Jangan menggunakan sapu biasa yang ujungnya terlalu kasar.

Agar lantai bambu tak mudah tergores, sebaiknya hindari menggunakan sepatu hak di atasnya. Usahakan juga tak ada hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing, karena kebiasaan mereka menggaruk-garuk benda di sekitarnya. Jangan menyeret furnitur jika ingin memindahkannya, tapi dengan cara diangkat.

Untuk membersikan lantai bambu, hindari penggunaan sikat yang keras saat membersihkannya. Jangan pula memakai cairan pembersih yang dapat mengakibatkan lantai rusak atau menjadi licin ya, Sobat Ngopi.

Tinggalkan Balasan