Daripada Tak Terpakai, Yuk Sulap Loteng Menjadi Kamar Tidur!

Berbeda dengan rumah-rumah di luar negeri, loteng rumah di Indonesia jarang sekali dimanfaatkan menjadi ruang tambahan yang fungsional. Padahal, bagian loteng bisa disulap jadi kamar tidur, ruang penyimpanan, ruang baca, bahkan ruang pribadi untuk menyendiri.

Nah, kalau Sobat Ngopi memerlukan kamar tidur tambahan, bisa loh mengubah loteng jadi ruangan yang nyaman. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini, sebelum melakukan renovasi atau merombak ulang loteng menjadi kamar tidur pribadi.

Ketinggian Atap
Sebelum mengubah loteng menjadi ruang tambahan, misalnya kamar tidur, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketinggian atap rumah. Pastikan bahwa tinggi langit-langit pada atap loteng memiliki batas kemiringan 50%, atau berada pada ukuran 84 inchi. Hal ini merupakan ukuran standar manusia dewasa saat berada di loteng dengan posisi berdiri.

sumber: housebeautiful.com

Struktur Loteng
Ketahui secara detail material struktur loteng yang digunakan agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Karena loteng yang diubah menjadi kamar tidur akan diisi dengan berbagai macam barang, sudah pasti strukturnya harus kokoh dan kuat.

Suhu Ruangan
Jika musim kemarau tiba, suhu loteng bisa menjadi panas. Untuk menyiasatinya, pasang genteng berbahan dasar alumunium foil yang mampu memantulkan kembali radiasi panas matahari. Dengan begitu, suhu ruangan akan terasa lebih sejuk meski berada di siang hari.

Pemilihan Lantai
Agar loteng terkesan lebih nyaman, gunakan material lantai yang ringan seperti kayu parket. Jangan lupa melapisinya dengan obat anti rayap agar tidak mudah rusak.

Peletakan Jendela
Letak jendela dalam loteng juga perlu perhatian agar bisa mendapat intensitas cahaya yang cukup. Untuk pencahayaan yang lebih baik, penggunaan skylight atau jendela yang ditempatkan pada atap rumah akan sangat membantu pada area loteng yang gelap.

Akses Menuju Loteng
Agar tidak membahayakan penghuni rumah, khususnya anak-anak, perhatikan juga bagaimana cara menuju loteng dari ruangan lain di rumah. Tangga yang dipasang harus aman, kuat, dan kokoh.

Tinggalkan Balasan