Diet Gagal Melulu? Coba Letakkan Cermin sebagai Dekorasi Ruang Makan!

rumah.com – Urusan diet sama sekali bukan hal yang mudah dilakukan. Banyak orang yang mengalami gagal diet, yang tadinya ingin kurus malah bertambah gemuk.

Gagalnya diet sebenarnya bukan karena tidak bisa menahan lapar. Diet yang berantakan justru sering kali disebabkan oleh ketidakmampuan dalam menahan nafsu setiap kali melihat makanan. Lalu bagaimana caranya agar diet tidak gagal melulu dan berat badan bisa turun sesuai target?

Dilansir dari womansday.com, sebuah penelitian terbaru dari Cornell University Food and Brand Lab dalam Journal of the Association of Consumer Research mengungkapkan, ada trik sederhana yang bisa diterapkan saat menjalankan diet, yaitu dengan menempatkan cermin di beberapa sudut ruang makan.

sumber: photos.hgtv.com

Para peneliti menemukan bahwa memakan sepotong besar kue lezat dan mengunyahnya sambil bercermin akan menciptakan pemikiran berbeda tentang mengonsumsi ekstra kalori. Bahkan, kehadiran cermin juga bisa mengurangi bayangan kelezatan yang muncul dari makanan tidak sehat, sehingga mampu membuat berhenti makan.

Dalam studi yang dilakukan, peneliti mengambil sampel dari para mahasiswa di universitas tersebut. Lalu, mereka diberi sebuah pilihan untuk memakan kue atau salad di dalam dua ruangan berbeda. Satu ruangan dilengkapi cermin dan ruang satunya lagi tidak ada cermin satupun.

Ketika beberapa mahasiswa menikmati makanan manis di ruangan tanpa cermin, mereka menilai kue tersebut punya rasa yang enak dan lembut. Namun, hal berbeda dirasakan pada ruangan yang dilengkapi cermin. Mahasiswa merasa kue-kue manis tersebut tidak terasa enak di lidah.

Sementara, salad yang dimakan di kedua ruangan, baik yang dilengkapi cermin maupun yang tidak ada cermin, tetap memiliki rasa yang sama.

Ternyata, melihat diri sendiri memakan sesuatu yang tidak sehat dapat memicu tingkat kesadaran otak untuk memilih makanan yang lebih baik.

“Penelitian ini dapat memberitahu semua orang untuk menyadari penampilan fisik mereka. Tak hanya itu, nantinya mereka juga mampu melihat diri sendiri secara objektif, sama seperti saat mereka menilai orang lain,” ungkap Ata Jami, Lead Researcher dari penelitian ini.

Jadi, agar nafsu makanterkontrol dengan baik dan agar program diet bisa berjalan secara mulus, mungkin ada baiknya meletakkan satu atau dua cermin di ruang makan dan dapur. Selamat mencoba ya, Sobat Ngopi!

Tinggalkan Balasan