DIY: Membuat Aromaterapi dengan Bahan-Bahan yang Ada di Rumah

Membuat ruangan-ruangan di rumah beraroma harum tak perlu memakai pengharum ruangan berbahan kimia. Sobat Ngopi bisa loh do it yourself (DIY) alias membuat aromaterapi sendiri dengan aroma-aroma yang menyegarkan. Agar suasana hati selalu terjaga baik, pilih saja aroma-aroma yang bisa membangkitkan mood.

Yuk, simak tips DIY membuat aromaterapi berikut dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, seperti dilansir dari homedit.com.

sumber: macmillandictionaryblog.com

Vanila Rosemary
Untuk mendapatkan aroma vanila rosemary, campurkan perasan 1/4 jeruk lemon, sejumput rosemary, dan 1/2 sendok teh vanila bubuk. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol kemasan vitamin C yang setengahnya sudah diisi air, lalu kocok, dan biarkan menguap dan mengeluarkan aroma menyegarkan ke seluruh ruangan.

Kayu Putih
Aromaterapi kayu putih dibuat dengan menggunakan dua sendok makan baking soda yang dimasukkan ke dalam botol. Lalu, tambahkan sekitar delapan tetes minyak kayu putih. Tutup botol dengan penutupnya yang sebelumnya sudah dilubangi di beberapa titik. Wangi minyak kayu putih yang khas akan menyelimuti ruangan di rumah.

Kayu Manis
Untuk membuat aromaterapi kayu manis, siapkan cawan aromaterapi atau panci, lalu isi dengan 1/2 liter air. Masukkan lima batang kayu manis, tiga buah cengkeh, satu buah apel yang sudah dipotong dadu, dan 1/2 jeruk yang juga sudah dipotong ke panci. Kemudian, masak sampai mendidih. Racikan ini bukan hanya sebagai aromaterapi, tapi juga bisa dinikmati sebagai minuman hangat.

Kayu Manis Apel
Hampir sama dengan cara membuat aroma kayu manis, tapi tidak perlu menambahkan potongan jeruk dan cengkeh ke dalamnya. Larutan ini juga bisa diminum dengan menambahkan gula sesuai selera.

Spicy Harvest
Cara membuat aromaterapi spicy harvest adalah dengan memasukkan 1/2 liter air atau sari apel ke dalam cawan aromaterapi. Campurkan dengan labu kuning kalengan, tiga batang kayu manis, satu butir cengkeh, satu butir pala, dan satu sendok makan vanila bubuk. Masak dengan api sedang, dan tambahkan air atau sari apel sesuai kebutuhan.

Nah, gampang kan, Sobat Ngopi. Jangan lupa dipraktikkan, ya.. selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan