Hati-Hati! Musim Hujan Bisa Picu Terjadinya Korsleting Listrik

Bukan hanya atap bocor dan banjir yang harus diwaspadai saat musim hujan, tapi juga terjadinya korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Karena itu, selain memperbaiki atap dan saluran air, instalasi listrik pun harus mendapat perhatian ekstra. Jika ada kerusakan, segera lakukan perbaikan agar tidak terjadi korsleting.

Ada dua hal yang biasa memicu korsleting di saat musim hujan melanda, yaitu air hujan itu sendiri, angin, dan juga sambaran petir. Untuk menghindari terjadinya hubungan pendek arus listrik, ada beberapa hal berikut ini yang sebaiknya Sobat Ngopi lakukan.

Tetesan Air Hujan
Hubungan pendek arus listrik bisa terjadi karena tetesan air hujan pada instalasi lisrik di rumah. Untuk itu, periksa semua kabel, terutama yang ada di luar rumah, seperti kabel lampu taman, pompa listrik, dan sebagainya.

sumber: tfcelectric.com

Kabel yang terbuka dan terkena air hujan dapat menimbulkan hubungan pendek arus listrik. Korsleting yang terjadi membuat sekring listrik sering turun, bahkan bisa sampai terjadi kebakaran.

Untuk menghindari bahaya korsleting listrik, perbaiki atau ganti kabel yang terkelupas. Jangan cuma menambal kabel dengan selotip karena daya rekatnya tidak kuat dan tahan lama, apalagi jika sering terkena air.

Sambaran Petir
Hubungan pendek arus listrik juga bisa terjadi karena sambaran petir, misalnya pada antena televisi. Karena itu, saat sedang hujan deras yang disertai petir, sebaiknya cabut kabel antena televisi. Jika ingin menonton TV, bisa diganti dengan antena indoor atau antena dalam.

Angin Kencang
Jika terjadi hujan deras disertai angin, korsleting listrik bisa terjadi karena gesekan kabel-kabel listrik dengan ranting pohon. Gesekan kabel listrik dengan ranting pohon yang terlalu kuat dan dengan intensitas tinggi dapat membuat plastik pembungkus kabel mengelupas dan menyebabkan arus pendek

Untuk menghindari hubungan pendek arus listrik, rutinlah memangkas ranting-ranting pohon yang menjuntai mengenai kabel listrik. Ajak warga di lingkungan tempat tinggal Sobat Ngopi untuk melakukan pemeriksaan kabel dan pemangkasan pohon secara teratur sebelum musim hujan tiba.

Tinggalkan Balasan