Hempas Bakteri dan Virus dengan Rajin Bersih-Bersih Rumah

Pandemi Covid-19 belum berakhir, Sobat Ngopi. Virus berbahaya masih berkeliaran di sekitar kita. Karena itu, lindungi diri, keluarga, rumah, dan sekitar kita dengan rajin bersih-bersih. Meski tak terlihat kotor, banyak bakteri dan virus yang tak kasat mata di sudut-sudut dan segala penjuru rumah Anda, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Benda-benda apa saja yang ada di rumah yang wajib dibersihkan setiap hari? Yuk, simak yang berikut ini…

sumber: treehugger.com

Wastafel dan Tempat Cuci Piring

sumber: maidsalamode.com

Wastafel dan bak cuci piring berfungsi untuk mencuci dan membersihkan. Apa jadinya saat ingin cuci tangan dan cuci piring tapi tempat cucinya sendiri kotor? Tentu baru melihatnya saja sudah jijik. Untuk itu, selalu jaga kebersihan wastafel dan bak cuci piring di rumah Anda. Bersihkan wastafel dan tempat cuci piring setiap habis dipakai, dan jangan lupa dilap kering. Agar terlihat lebih cantik, gunakan cairan khusus untuk membuat wastafel mengkilap.

Furnitur dan Perabot yang Sering Disentuh

sumber: southampton.gov.uk

Perhatikan selalu furnitur di rumah dan perabotan yang sering sekali disentuh, misalnya gagang pintu, permukaan meja, remote TV dan AC, saklar lampu, juga keran air. Selalu bersihkan benda-benda tersebut secara ruting setiap hari. Jika tidak bisa dibersihkan dengan air dan sabun, bisa menggunakan disinfektan atau lap bersih.

Bagian-Bagian Tersembunyi

sumber: cleanmypremises.ca

Jangan lupakan sudut-sudut tersembunyi di rumah. Ingat ya Sobat Ngopi, yang harus dibersihkan di rumah itu bukan hanya lantai, meja, ataupun kaca jendela, tapi semua bagiannya, termasuk yang tak terlihat atau jarang dipakai. Ada banyak bakteri bersembunyi di tempat-tempat sempit seperti kolong meja dan tempat tidur, belakang lemari, di antara benda-benda pajangan dan lukisan, dan banyak lagi.

Cucian Kotor

sumber: sciencemag.org

Usahakan selalu mengganti baju setiap habis keluar rumah, karena kita tidak tahu apa saja yang menempel di baju kita saat berada di tempat umum. Jangan sampai bakteri dan virus berbahaya menyebar ke seluruh rumah. Tapi ingat ya, baju kotornya jangan ditumpuk begitu saja dan lama tak dicuci-cuci. Simpan cucian kotor di keranjang khusus dan usahakan rutin mencuci baju setidaknya 2 hari sekali.

Benda-Benda Pribadi

sumber: nytimes.com

Bersihkan selalu benda-benda pribadi yang dibawa dan dipakai setiap hari, misalnya ponsel, kacamata, jam tangan, perhiasan dan aksesoris lainnya, serta kunci rumah dan kunci kendaraan Anda. Benda-benda ini sering terlupakan untuk dibersihkan karena bentuknya kecil. Agar tak lupa, bawa selalu hand sanitizer dan disinfektan dalam botol kecil yang praktis digunakan.

Yuk, budayakan hidup bersih, Sobat Ngopi!

Tinggalkan Balasan