Ingin Miliki Rumah Bambu tapi Takut Dimakan Rayap? Trik Ini Bisa Cegah Serangan Rayap

Rumah dari bambu memberikan kesan yang unik. Namun, material bambu jarang digunakan untuk struktur bangunan meski karakteristiknya kuat dan harganya relatif murah. Hal tersebut karena bambu sangat rentan terhadap serangan rayap. Jika tidak dicegah dan dirawat, rumah bambu bisa habis dimakan rayap.

Untuk mencegah rayap menyerang bambu dan memakannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Trik-trik ini ampuh dalam menjaga bambu tetap awet dan tahan lama.

sumber: livingasean.com

1. Keluarkan zat glukosa yang digemari rayap dari dalam bambu dengan cairan garam (acid) yang tidak disukai rayap. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan merendam bambu di dalam lumpur sungai. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 3 – 6 bulan.

2. Gunakan minyak tanah atau oli bekas sebagai bahan pengawet. Kedua bahan tersebut sering digunakan oleh paran pengrajin bambu untuk mencegah rayap.

3. Metode yang dikembangkan sekarang adalah menggunakan borax-boric acid, dengan metode kolam perendaman, vertical soak diffusion (VSD), atau menggunakan injeksi ke setiap batang bambu.

4. Setelah melalui proses pengawetan, bambu dikeringkan. Susun bambu secara vertikal dan terlindung dari sinar matahari. Proses ini bisa memakan waktu dua minggu, tergantung cuaca. Setelah kering, bambu bisa digunakan untuk konstruksi bangunan maupun furnitur.

Tinggalkan Balasan