Ini Penyebab Ruangan Terasa Sempit dan Sumpek

Pernah nggak sih Sobat Ngopi merasa sempit padahal ruangan di rumah Anda sebenarnya cukup luas? Sudah coba menambahkan cermin untuk memberi efek luas, tetap saja tidak pengaruh. Sudah mengganti cat dengan warna yang terang dan cerah, masih saja ruangan tersebut terlihat sumpek.

Wah, itu bisa saja karena terlalu banyak barang yang disimpan dalamnya hingga ruangannya terlihat sempit. Tempatkan perabot yang fungsional saja agar ruangan tak sempit. Usahakan jangan memasukkan banyak barang dan pertahankan furnitur seminim mungkin di ruang-ruang berikut ini, yaa…

sumber: tipskiatberbagi.com

Ruang Tamu
Sadar nggak sih, Sobat Ngopi, kalau banyak barang di ruang tamu yang tidak fungsional atau hanya pajangan saja? Jika memang barang-barang tersebut tidak pernah digunakan, sebaiknya dipindahkan saja. Selain itu, hilangkan kebiasaan menumpuk koran di meja sudut di ruang tamu karena akan membuat ruangan terasa sumpek. Jika sudah lewat sehari, sebaiknya koran tersebut dibuang saja atau dikumpulkan untuk dijual.

Ruang Keluarga
Jangan jadikan ruang keluarga sebagai “gudang” pajangan. Foto-foto kenangan, piala-piala, piagam penghargaan, memorabilia, suvenir-suvenir yang dibawa dari luar negeri, dan benda-benda koleksi lainnya memang membuat ruangan hangat. Tapi, kalau kebanyakan jadi sumpek melihatnya dan terkesan berantakan, apalagi jika benda-benda pajangan itu jarang dibersihkan. Sebaiknya Anda pilih mana yang tetap dipajang, mana yang harus dipindahkan ke gudang.

sumber: nytimes.com

Kamar Tidur
Kebiasaan menumpuk pakaian atau menggantungnya di balik pintu bikin kamar Anda terlihat sumpek. Coba lihat pula bagaimana keadaan di dalam lemari pakaian. Walaupun tertata rapi, tapi bila terlalu banyak baju di dalamnya juga membuat lemari yang sebenarnya besar jadi terasa sempit. Coba pilah-pilah pakaian mana yang sudah tak terpakai lagi untuk dijual di garage sale atau disumbangkan.

Selain itu, tumpukan buku dan meja yang berantakan juga membuat kamar tidur tampak sempit. Terlalu banyak bantal atau boneka di atas tempat tidur juga membuat kesan area tidur yang makin kecil.

Dapur
Bukan hanya peralatan masak, dapur juga seringkali dipenuhi benda-benda tidak penting yang hanya jadi pajangan. Piring-piring dan cangkir-cangkir koleksi yang sudah kebanyakan bisa bikin dapur terasa sempit. Selain itu, kebiasaan menyimpan belanjaan atau camilan di meja dapur juga akan memberi kesan sumpek.

Selalu rapikan dapur dan simpan peralatan masak pada tempat khusus. Dan jangan lupa, selalu rutin membuang sampah setiap hari agar tidak menumpuk di dapur.

Tinggalkan Balasan