Jaga Selalu Kesehatan Rumah dengan 6 Tips Bermanfaat Ini

Bukan hanya kesehatan diri dan keluarga yang penting, tapi menjaga kesehatan rumah juga tidak boleh dilewatkan. Sebagai tempat tinggal dan bernaung, rumah harus bisa memberikan perlindungan yang maksimal pada para penghuninya. Untuk itu, kondisi rumah harus selalu sehat agar penghuninya pun terjaga kualitas hidupnya.

Banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan rumah. Kriteria rumah yang sehat pun bukan sekadar bersih dan rapi. Berikut ini tips yang dapat Sobat Ngopi lakukan untuk membantu menjaga kesehatan rumah, seperti yang dilansir dari balkonie.com.

Pelihara Kebersihan
Hal pertama dan paling utama dalam menjaga kesehatan rumah adalah memelihara kebersihannya. Kegiatan membersihkan rumah harus menjadi bagian dari rutinitas harian, bukan hanya karena ada acara. Menyapu, mengepel, mengelap, hingga membuang sampah adalah kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan.

sumber: healthyvoyager.com

Singkirkan Debu
Cara untuk menjaga rumah tetap sehat adalah dengan menghindari barang-barang yang bisa menarik debu, misalnya furnitur dengan banyak ukiran dan pernak-pernik dekorasi berukuran kecil. Untuk menghempas debu dari rumah rutinlah mencuci tirai, selimut, handuk, taplak meja, dan kain-kain rumah tangga. Lap juga perabotan dan pajangan agar rumah selalu bebas dari debu.

Jauhkan Bahan Kimia
Polusi dalam bentuk bahan-bahan kimia berbahaya juga ada di dalam rumah. Misalnya saja produk-produk pembersih, obat-obatan, dan bahan-bahan kimia rumah tangga lainnya. Agar aman dan tak mengganggu kesehatan keluarga, simpan barang-barang tersebut di dalam lemari tertutup dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Perhatikan juga pasca pemakaian bahan-bahan kimia tersebut, agar limbah atau sampahnya tidak disalahgunakan atau berpotensi membahayakan orang lain dan lingkungan sekitar.

Jaga Sirkulasi Udara dan Sinar Matahari
Kualitas udara di dalam rumah sangat penting dipelihara. Untuk menghalau kuman yang beterbangan di udara, pastikan ventilasi udara di rumah berfungsi dengan baik. Setiap pagi, buka pintu dan jendela agar udara segar dan sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam rumah. Untuk ruangan yang lembap dan minim ventilasi seperti kamar mandi dan gudang, sebaiknya menggunakan exhaust fan.

Gunakan Pewangi Alami
Aromaterapi bermanfaat untuk kesehatan. Agar rumah tetap harum sekaligus sehat, pilih aromaterapi atau pengharum ruangan alami sebagai pengganti wangi-wangian sintetis yang berisiko pada terjadinya serangan asma dan alergi. Contoh pewangi alami yang bisa digukalan adalah bunga-bunga segar, irisan lemon, dan bubuk kopi.

Jaga Keamanan
Standar keamanan penting diberlakukan di dalam rumah. Ada beberapa area yang membutuhkan perhatian khusus, terutama bagi keluarga dengan anak-anak yang masih kecil. Misalnya, area tangga, kolam renang, dan kolam ikan perlu dipasangi pagar pengaman. Selain itu, pastikan perangkat elektronik dan benda-benda tajam tersimpan dengan aman di tempat yang sulit dijangkau si kecil.

Tinggalkan Balasan