Jangan Buru-Buru Mengecat Ulang, Ini Langkah Mudah Bersihkan Noda di Dinding

Membersihkan noda di dinding tidak semudah membersihkan noda di lantai yang biasanya hanya perlu dipel saja. Berbeda dengan lantai, noda seperti tumpahan kopi, coretan krayon, dan cipratan minyak akan menempel kuat dan tak mempan dibersihkan dengan air dan sabun saja.

Eits! Jangan panik dulu dan buru-buru membeli cat baru dan mengecat ulang untuk menutupi noda di dinding. Simak langkah-langkah berikut ini agar dinding terbebas dari noda membandel.

Bersihkan Debu
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan debu dari dinding. Untuk menghilangkan debu yang menempel di dinding, gunakan sapu dengan ukuran gagang yang panjang, sikat, atau penyedot debu. Jika peralatan yang digunakan memiliki bulu sikat yang keras, lilitkan kain atau kaos bekas agar tidak merusak permukaan dinding.

sumber: hgtv.com

Kenali Tipe Cat Dinding
Beberapa jenis cat dinding sering kali malah membuat noda menyebar atau mengelupas permukaan saat dibersihkan. Oleh karena itu, perhatikan jenis cat yang digunakan.

Misalnya, jenis cat modern seperti gloss biasanya tidak bermasalah ketika dicuci. Sementara, cat tipe whitewash bisa terhapus dengan mudah dan membutuhkan perawatan yang lebih jika ingin membersihkannya. Jika cat dindingnya adalah cat enamel berbasis minyak, gunakan spons lembut dan detergen pembersih yang ringan.

Persiapan Mencuci
Jangan lupa untuk menutupi perabotan dan furnitur dengan kain yang sudah tidak terpakai atau koran bekas agar tidak terkena sabun ketika membersihkan dinding. Sediakan pula dua ember, satu untuk larutan pembersih dan satu untuk air pembilas yang bersih.

Gunakan Larutan Pembersih
Setelah mempersiapkan alat yang dibutuhkan, buatlah larutan untuk membersihkan dinding rumah. Caranya, campurkan tepung maizena atau pure baking soda dengan air secukupnya, lalu aduk hingga berbentuk seperti pasta.

Gunakan campuran tersebut dengan cara mengoleskannya pada noda. Gosoklah noda yang telah diolesi campuran pembersih dengan sikat gigi hingga noda menghilang. Terakhir, usapkan lap kering pada dinding untuk membuatnya bersih kembali.

Cat Ulang
Cara ini adalah langkah terakhir yang harus ditempuh jika cara-cara sebelumnya tak berhasil dalam menghilangkan noda. Jika terlalu banyak noda yang harus dihilangkan, ditambah lagi bagian dinding sudah terlanjur berjamur dan terkelupas, sebaiknya dicat ulang saja.

Mengecat ulang membutuhkan biaya dan tenaga. Karena itu, jangan biarkan dinding rumah bernoda terlalu lama. Semakin lama noda menempel di dinding, akan semakin sulit untuk dihilangkan. Agar tak membuang uang dan tenaga untuk mengecat ulang, usahakan untuk rutin membersihkan dinding rumah dari debu dan kotoran.

Tinggalkan Balasan