Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mencuci Bantal Sofa yang Benar

Kalau bantal kursi atau bantal sofa sudah terlihat lusuh, jangan buru-buru membeli yang baru. Bantal sofa yang kusam bisa tampak seperti baru lagi loh hanya dengan mencucinya, tapi tidak boleh sembarangan karena bisa merusak tekstur dan warnanya.

Nah, agar bantal sofa kelihatan seperti baru lagi, Sobat Ngopi harus mengikuti tata cara dan metode mencuci yang benar. Cara termudah untuk mengetahui cara mencuci bantal sofa adalah dengan membaca label perawatan. Jika tidak ada label perawatan, mencucinya harus disesuaikan dengan jenis kain dari bahan bantal tersebut.

sumber: amsonsdesign.com.au

Gunakan Spons dan Sampo
Beberapa bantal hanya bisa dicuci kering atau dicuci dengan tangan dengan larutan pembersih ringan. Jika bantal tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, cara membersihkan yang paling mudah adalah dengan menggunakan spons dan sampo.

Mulailah dengan mengerjakan bagian yang bernoda menggunakan gerakan tangan memutar. Pastikan melakukan dengan lembut saat membersihkan trim atau dekorasi bantal. Setelah selesai, bersihkan noda basah dengan handuk putih bersih sampai kering.

Cuci Busa dalam Ember
Banyak bantal yang terbuat dari busa padat dan sisipan busa tidak bisa dicuci dengan mesin. Jika ingin mencucinya, lepaskan sisipan busa dari sarungnya, masukkan sisipan busa ke dalam ember atau baskom, dan tambahkan air hangat yang dicampur dengan sedikit deterjen ringan. Rendam busa di dalam air dan bilas sampai bersih, lalu peras dan gantung di luar hingga kering.

Cuci Kering
Bantal yang terbuat dari suede, kulit, sutra, atau wol tidak dapat dicuci dengan air, hanya bisa dicuci kering. Untuk bantal sofa yang hanya bersifat dry-clean, cukup mencelupkan spons bersih ke dalam larutan pembersih dan mengoleskannya pada kain. Gunakan gerakan memutar, dan setelah selesai, bersihkan area tersebut dengan handuk bersih untuk menyerap kelembapan. Metode cuci kering akan mempertahankan bentuk dan tekstur asli bantal saat dicuci dengan tangan.

Cuci Basah dengan Tangan
Untuk mencuci bantal dekoratif dengan tangan, diperlukan air panas, penyedot debu, ember atau baskom besar, sarung tangan karet, sikat gigi bekas atau sikat gosok, kain bersih, sabun atau deterjen ringan, dan kain handuk.

Langkah 1. Lepaskan sarung dari bantal dan vakum untuk menghilangkan kotoran, debu, atau rambut.

Langkah 2. Isi ember atau baskom dengan air panas dan tambahkan sabun lembut atau deterjen. Pastikan mencampur larutan pembersih secara menyeluruh dan rata. Lindungi tangan dari air sabun panas dengan mengenakan sarung tangan karet, lalu tekan bantal ke dalam ember sampai benar-benar terendam air sabun.

Langkah 3. Ambil sikat gigi bekas dan gosok perlahan ke seluruh permukaan bantal dengan gerakan memutar. Fokus pada area dengan noda yang terlihat dengan menambahkan sedikit tekanan.

Langkah 4. Setelah menggosok permukaan bantal, rendam dalam air sabun sekali lagi.

Langkah 5. Angkat bantal dari air sabun, letakkan di atas kain bersih dan tiriskan.

Langkah 6. Isi kembali ember dengan air panas dan bilas bantal sampai semua larutan pembersih hilang. Lakukan dengan mendorong bantal masuk dan keluar dari air bersih.

Langkah 7. Untuk memeras semua air dari bantal, bungkus kain handuk di sekelilingnya dan putar di atas wastafel.

Langkah 8. Keringkan bantal dengan menggantungnya di luar atau memasukkannya ke dalam mesin pengering, tergantung pada petunjuk perawatannya.

Cara Mencuci Sarung Bantal Sofa
Kebanyakan bantal sofa memiliki ritsleting atau penutup untuk memudahkan melepas sarungnya. Namun, jika penutup dijahit, gunakan ripper jahitan dan buka perlahan setiap jahitan satu per satu.

Untuk membersihkan sarung bantal, ikuti petunjuk pada label yang berisi detail bahan dan isian. Sebagian besar kain, termasuk poliester, katun, dan nilon dapat dicuci dengan mesin. Sutra, linen, wol, atau beludru, hanya boleh dicuci dengan tangan atau dicuci kering. Suede dan penutup kulit tidak boleh dicuci, tapi dapat dibersihkan menggunakan kain lembab.

Jika sarung bantal sofa memiliki hiasan dekoratif, cuci kering atau cuci tangan untuk melindungi hiasannya. Jika sarung bantal sofa cocok untuk dicuci dengan mesin, gunakan air dingin bersiklus halus dan tambahkan deterjen yang lembut. Untuk sarung bantal yang tidak cocok untuk dicuci dengan mesin, isi baskom atau ember dengan air dingin dan tambahkan deterjen ringan ke dalam air. Rendam sarung bantal secara perlahan ke dalam air sabun sebelum membilasnya dengan air bersih dan dingin. Bilas beberapa kali hingga bersih, jemur di luar atau gunakan pengering.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan