Karpet Bisa Bikin Ruangan Terlihat Lebih Luas, Loh.. Ini Triknya!

Sudah bukan rahasia lagi, cermin dipercaya sebagai salah satu furnitur yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Tapi ternyata bukan cermin saja, karpet juga bisa berfungsi sama, asalkan dipilih dengan benar dan cermat.

Agar ruangan terasa lebih lapang, gunakan karpet area. Jangan memilih karpet yang terlalu kecil karena bisa membuat ruangan terlihat berombak dan terputus-putus, sehingga malah akan membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Ukuran permadani yang tepat untuk ruangan juga bergantung pada beberapa faktor, termasuk penempatan furnitur. Perlu diingat, semua perabotan harus diletakkan di atas karpet. Jika tidak memungkinkan, setidaknya pastikan kaki depan furnitur berada di atas karpet.

foto: ukflooringdirect.co.uk

Faktor lain yang mempengaruhi adalah warna karpet. Kebanyakan orang tahu karpet warna terang membantu membuat ruangan terasa lebih besar daripada warna gelap. Namun, bukan berarti harus memasang karpet putih atau off-white di seluruh rumah.

Pilih warna cerah lainnya seperti kuning atau oranye. Warna yang lebih terang memang memantulkan lebih banyak sinar matahari daripada warna yang lebih gelap. Warna cerah membuat cahaya di dalam ruangan terlihat lebih terang dan terasa lebih terbuka.

Jika ingin menggunakan karpet yang memiliki pola, maka pastikan ukuran pola sesuai dengan ukuran ruangan. Aturan praktisnya, pola yang lebih besar untuk ruangan yang lebih besar.

Namun, ruangan kecil yang tidak memiliki banyak furnitur juga bisa menggunakan karpet dengan pola yang lebih besar. Sementara, area luas yang penuh dengan furnitur memerlukan karpet dengan pola yang lebih kecil.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan