Kok Bisa Kelabang Masuk ke Rumah? Ternyata Ini Sebabnya!

Rumah yang kita tinggali sering kali menjadi tempat yang menarik untuk binatang jenis serangga, salah satunya kelabang. Kehadiran hewan yang dikenal sebagai lipan ini tentu sangat mengganggu para penghuni rumah, juga menyebabkan terbawanya kuman, bakteri, dan sumber penyakit lainnya.

Kelabang sering muncul dari saluran pembuangan air, seperti kamar mandi atau dapur. Dengan kata lain, mereka masuk ke dalam rumah dengan kondisi yang kotor.

Lantas, mengapa kelabang bisa masuk ke dalam rumah? Nah, ini dia empat penyebab ketertarikan kelabang pada rumah.

foto: pixabay.com

Ada Sumber Makanan
Lipan atau kelabang menyukai rumah karena ada sumber makanan di dalamnya. Mereka memakan serangga-serangga lain yang sudah ada di dalam rumah. Artinya, jika ada lipan di dalam rumah, tandanya sudah ada serangga lain yang sudah lebih dulu menjadi “penghuni” rumah.

Binatang-binatang yang menjadi makanan lipan di antaranya laba-laba, cacing tanah, gegat, semut, dan lalat. Sehingga, langkah pertama untuk membasmi kelabang di rumah adalah menyingkirkan binatang lain yang menjadi sumber makanannya.

Lembap atau Banyak Air
Lipan atau kelabang hidup di daerah yang basah dan lembap. Mereka biasanya mencari tempat-tempat seperti ruang bawah tanah, dapur, dan kamar mandi. Lipan tidak tahan jika tidak berada di tempat yang lembap. Jadi, mereka harus tetap terhidrasi dengan diam di bawah batu bata dan tumpukan kayu, entah itu di luar rumah maupun di dalam rumah yang basah atau lembap.

Untuk mencegah serangan kelabang, pastikan selalu membersihkan dan mengeringkan area-area lembap di rumah, serta menjauhkan tumpukan kayu dan dedaunan di luar rumah.

Udara Dingin di Luar
Kelabang sama seperti manusia. Mereka tidak ingin berada di luar ketika udara sedang dingin. Kehangatan di dalam rumah sangat menarik dan mengundang lipan untuk memasukinya.

Kerusakan Fondasi atau Kebocoran
Lipan bisa memasuki rumah karena adanya kerusakan pada fondasi yang menyebabkan kebocoran. Selain itu, bisa terjadi juga saat talang air rusak atau tersumbat, area teduh tergenang air, atau ada keran bocor yang menyebabkan genangan air di dekat fondasi rumah.

Karena itu, munculnya kelabang di dalam rumah sering kali menjadi tanda kerusakan air. Kelabang akan masuk ke dalam rumah melalui celah dan retakan akibat kerusakan air untuk mencari mangsa.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan