Kok Pintu Kayu Sering Memuai dan Menyusut? Ternyata Ini Penyebabnya!

Pintu kayu pada dasarnya dapat memuai dan menyusut, tergantung kondisi cuaca. Saat musim hujan, kayu biasanya memuai, karena kandungan air dalam kayu meningkat. Sementara pada musim panas, kayu akan menyusut.

Seperti dilansir rumah.com, pintu dapat menyusut jika kadar air masih tinggi. Sehingga saat terkena udara panas, pintu akan mengalami pergerakan. Biasanya tidak cuma menyusut, tetapi sambungan kayu menjadi renggang, cat retak, dan pintu jadi lebih rapuh.

Pada musim hujan dengan kondisi udara yang basah, pintu akan mengembang seperti bentuk awal dan rapat pada kusen. Setelah dua sampai tiga musim, pintu baru bisa normal kembali, tetapi setiap perubahan musim pasti akan selalu terjadi pergeseran.

sumber: oldhouseonline.com

Ada ukuran standar kandungan air dalam kayu yang harus dipenuhi agar muai-susut yang terjadi masih dapat diterima. Umumnya, kandungan air yang dapat diserap sebanyak 12% dengan kondisi kayu yang masih kering.

Pintu yang memuai dan menyusut biasanya disebabkan proses pengovenan yang tidak sempurna. Yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menjemur pintu kayu di bawah matahari dari pagi sampai siang. Setelah benar-benar kering, baru pintu memiliki ukuran yang fix. Kemudian, baru sesuaikan dengan kusen pintu.

Cat bagian bawah dan atas pintu yang berpori agar uap air tidak masuk ke dalam kayu. Namun bila masalah tersebut sudah terlanjur menimpa pintu, tidak ada lagi yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya, selain mengganti pintu dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan