Kulit Jeruk Jangan Dibuang, Ada Manfaatnya Loh Buat Rumah!

Buat Sobat Ngopi yang hobi makan jeruk, mulai sekarang kulitnya jangan langsung dibuang. Soalnya, kulit jeruk ternyata punya manfaat yang berguna buat rumah, khusunya dalam memberikan aroma segar di dalam ruangan.

Sisa-sisa kulit jeruk yang kelihatannya tidak penting itu rupanya bisa mengharumkan ruangan-ruangan di rumah dan menghilangkan bau tak sedap. Selain itu, kulit jeruk juga bisa dijadikan sebagai bahan pembersih alami. Berikut ini cara memanfaatkan sampah kulit jeruk sebagai pengharum dan pembersih rumah.

Bahan Pembersih Alami
Kulit jeruk dapat menjadi bahan pembersih alami untuk membersihkan rumah. Cara membuatnya pun cukup mudah, rendam kulit jeruk di dalam air cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu. Lalu, campurkan air dengan perbandingan 50:50, dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Wangi alami dari kulit jeruk dapat membersihkan sekaligus mengharumkan rumah. 

sumber: insider.com

Pewangi Ruangan
Cara membuat pewangi ruangan dari kulit jeruk tidak sulit. Masukkan kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air, lalu masak dengan suhu rendah dan biarkan hingga air mendidih. Kulit jeruk akan mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Tambahkan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih terasa.

Penetralisir Bau Kulkas
Kulkas menjadi tempat untuk menyimpan berbagai macam makanan dengan aroma yang bercampur aduk menjadi satu. Untuk menetralisir bau yang kurang sedap tersebut, kulit jeruk bisa menjadi salah satu bahan yang ampuh menghempasnya. Caranya, letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas.

Mengharumkan Bak Cuci Piring
Bak cuci piring sering lembab dan menimbulkan aroma tak sedap. Untuk menghilangkan wangi tersebut, masukkan kulit jeruk ke dalam wadah es, tambahkan air, dan bekukan. Setelah itu, cukup cairkan es batu berisi kulit jeruk itu di dalam bak cucian piring. Biarkan wangi kulit jeruk menyeruak hingga bau tak sedap menghilang.

Membersihkan Talenan
Talenan kayu untuk memotong sayuran dan daging bisa menjadi sarang bakteri. Untuk itu, diperlukan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman dan bakteri di dalamnya hilang. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk berguna sebagai disinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

Tinggalkan Balasan