Lakukan 6 Hal Ini, Rumah Bakal Bebas Nyamuk

Kehadiran nyamuk di dalam rumah bukan hanya sangat mengganggu, tapi juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria. Mengusir nyamuk memang bukan hal mudah karena kondisi rumah pun harus mendukung dari segi kebersihan di dalam dan juga di lingkungan sekitar rumah.

Meski nyamuk bisa muncul di mana saja, namun dengan melakukan langkah-langkah berikut ini, akan banyak membantu membuat rumah bebas dari serangga penghisap darah itu.

Hilangkan Genangan Air
Karena nyamuk senang bertelur di genangan air, usahakan untuk tidak ada genangan air di dalam dan sekitar rumah. Coba cek cekungan di talang air atau wadah-wadah kecil seperti kaleng bisa menjadi tempat genangan air. Jika ada genangan, segera keringkan air di talang dan kubur wadah-wadah tersebut.

sumber: agriculturegoods.com

Jika memiliki binatang peliharaan, periksalah tempat minumnya. Jika terdapat jentik nyamuk, bersihkan dan ganti air setidaknya dua kali seminggu.

Pangkas Semak
Pangkas tanaman yang terlalu rimbun di halaman rumah. Nyamuk sering tinggal tanaman rimbun dan semak-semak liar. Memotong rumput dan semak akan jauh mengurangi nyamuk.

Periksa Kawat Nyamuk
Pastikan kawat atau kasa nyamuk di lubang angin atau jendela rumah dalam kondisi baik dan tidak berlubang nyamuk tak bisa masuk ke dalam rumah. Jika ada kawat yang berlubang, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Rapikan Pakaian
Tumpukan pakaian adalah tempat favorit nyamuk. Nyamuk juga suka sekali hinggap di pakaian yang digantung di dinding atau di balik pintu. Untuk mengurangi nyamuk yang berkeliaran di rumah, rapikanlah pakaian dan masukkan ke dalam lemari.

Hilangkan Bau Tak Sedap
Nyamuk bisa membaui mangsanya dari jarak 50 meter. Manusia dengan kadar asam urat tinggi, kolesterol, dan steroid di permukaan kulit dan keringat, cenderung menjadi sasaran utama nyamuk karena bau khas yang dihasilkan. Untuk mengurangi potensi digigit nyamuk, sebaiknya rutin mandi untuk membersihkan kulit dari bau keringat yang disukai nyamuk.

Gunakan Anti Nyamuk
Langkah terakhir mengusir nyamuk dari rumah adalah menggunakan obat anti nyamuk. Namun karena obat anti nyamuk mengandung bahan kimia, akan lebih baik jika menggunakan anti nyamuk dari bahan-bahan alami.

Ada beberapa tanaman yang memiliki aroma yang mampu mengusir nyamuk, di antaranya lavender, zodia, rosemary, geranium, dan serai. Sementara, wewangian pengusir nyamuk misalnya minyak kayu manis, minyak rosemary, minyak serai, minyak cedar, minyak cengkeh, dan minyak peppermint. Wewangian ini bisa dibuat menjadi lilin aroma pengusir nyamuk.

Tinggalkan Balasan