Lakukan 6 Trik Ini, Kamar Mandi Sempit Jadi Kelihatan Luas

Meski keberadaannya sangat penting, namun kamar mandi menjadi salah satu ruangan tersempit di rumah. Apalagi jika rumahnya bertipe minimalis, luas kamar mandinya pun terbatas.

Sobat Ngopi mungkin tidak bisa mengubah desain dan luas ruangan yang sudah ada. Selain kendala bujet, mengubah luas kamar mandi tentu akan berpengaruh pada ruangan-ruangan lainnya. Karena itu, lakukanlah trik yang bisa memberi efek visual yang membuat kamar mandi terlihat lebih luas daripada ukuran aslinya.

Pilih Warna Lantai Terang
Lantai dengan warna terang seperti putih atau krem bisa membuat kamar mandi terlihat lebih besar. Hal ini tersebut karena warna terang dapat memantulkan cahaya dan membuka ruang lebih banyak dibandingkan warna gelap. Selain itu, warna terang membuat kamar mandi terasa sejuk.

sumber: forbes.com

Namun, jika sudah terlanjur memakai warna gelap dan tidak memungkinkan untuk merenovasinya lagi, maka cat saja sisa ruang lainnya dengan warna terang.

Warna Dinding Senada Lantai
Gunakan ubin untuk dinding dan lantai dengan warna yang sama. Efek dari pengunaan warna senada adalah menciptakan garis yang tidak terputus bagi mata, hingga mampu membuat otak berpikir bahwa ruangan lebih luas dari ukuran sebenarnya. Jangan mengaplikasikan warna atau jenis ubin berbeda karena akan terlihat seperti memotong ruang dan kamar mandi tampak lebih kecil.

Gunakan Ubin Besar
Sama seperti warna, ubin berukuran kecil juga memiliki efek memotong ruangan. Oleh karena itu, gunakan ubin yang lebih besar untuk mengurangi garis yang muncul di permukaan lantai. Jika memungkinkan, gunakan ubin yang sama di keseluruhan ruang kamar mandi.

Pasang Ubin Hingga Ke Langit-Langit
Untuk memberikan kesan lengang pada kamar mandi, pasanglah ubin di dinding hingga menyentuh langit-langit. Selain itu, pilih ubin dengan permukaan mengkilat agar dapat memantulkan cahaya alami di kamar mandi.

Cahaya Alami
Membiarkan cahaya alami masuk ke dalam kamar mandi akan membuatnya terasa lebih lega. Gunakan tirai tembus pandang untuk menutupi jendela atau pakai jendela kaca patri (stained glass window), agar cahaya alami bisa masuk dan privasi tetap terjaga. Keberadaan jendela juga bisa membuat ruangan terlihat lebih besar. Tapi jika kamar mandinya tidak memiliki jendela, solatube bisa dijadikan solusi untuk membawa cahaya alami masuk ke dalam.

Pasang Lampu Berwarna Putih
Pilih lampu dengan cahaya putih dan terang untuk kamar mandi. Jangan gunakan lampu berwarna kuning karena akan membuat kamar mandi terlihat sempit dan gelap.

Tinggalkan Balasan