Lindungi Rumah di Musim Hujan, Beri Perhatian Ekstra di 8 Bagian Ini

Musim hujan belum juga usai, bahkan tengah mencapai puncaknya di akhir Februari 2021 ini. Curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan banjir di banyak wilayah di Tanah Air. Hunian warga pun jadi menjadi korban karena terendam genangan air dan lumpur yang terbawa oleh banjir.

Lindungi rumah Sobat Ngopi selama musim penghujan ini agar terbebas dari bocor, rembes, dan banjir. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, termasuk memberi perhatian ekstra untuk beberapa bagian rumah berikut ini:

Atap
Sobat Ngopi wajib memeriksa kondisi atap rumah dua kali setahun. Melakukan pengecekan jauh lebih murah dibandingkan memperbaiki atap yang sudah bocor.

sumber: npr.org

Saat mengecek, carilah retak di sepanjang bubungan atap, juga talang bagian bawah jurai atap. Pastikan tak ada lubang atau karat pada talang. Pastikan pula tidak ada genting yang pecah, lapuk, atau tak terpasang sempurna. Jika ada bagian atap yang rusak, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Saluran Air
Periksa saluran pembuangan rumah untuk memastikan air hujan dapat mengalir dan tidak kembali ke rumah. Lihat apakah ada banyak butiran kecil tanah liat mengumpulkan di saluran air. Butiran tanah liat di selokan adalah tanda atap mulai lapuk.

Langit-langit
Periksa langit-langit untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran. Cek apakah ada tetesan air, muncul jamur, atau perubahan warna dinding dan langit-langit.

Pintu dan Jendela
Pastikan tidak ada celah di pintu dan jendela, dan keduanya dapat menutup dengan rapat. Jika pintu dan jendela tidak rapat saat ditutup, lakukan perbaikan yang diperlukan.

Halaman Rumah
Pastikan tidak ada pohon yang dahan dan cabangnya mati di halaman atau di sekitar rumah. Hal ini akan mengurangi risiko rumah tertimpa cabang pohon saat terjadi hujan besar.

Bagian Rumah yang Rendah
Perhatikan bagian-bagian rumah yang posisinya rendah, yang dapat dimasuki air, seperti bagian bawah pintu, garasi, atau bagian basement. Gunakan sejenis bahan yang biasa disebut hurricane sock yang memiliki daya serap tinggi untuk menjaga daerah tersebut dari terjangan banjir.

Bagian Luar Rumah
Untuk rumah di daerah yang rendah dan rawan banjir, tak ada salahnya memproteksi bagian luar terendah rumah dengan tumpukan karung pasir.

Furnitur dan Alat Elektronik
Jika rumah rawan banjir atau langganan kebanjiran, segera pindahkan furnitur dan peralatan elektronik ke lantai atas atau tempat yang lebih tinggi saat musim hujan mulai tiba.

Tinggalkan Balasan