Manipulasi Kesan dan Nuansa Sebuah Ruangan dengan Warna Cat Dinding

Setiap warna dipercaya memiliki pengaruh pada sekitarnya, baik itu psikologi seseorang maupun kesan tertentu pada benda-benda dan ruangan. Begitu pula dengan cat dinding, warna-warna tertentu juga bisa memanipulasi sebuah ruangan, menciptakan suasana tertentu, dan menghadirkan efek-efek psikologis tertentu pada penghuninya.

Ada warna cat yang membuat tenang, ada warna yang menciptakan rasa bahagia, tapi ada juga warna yang malah membuat penghuninya frustrasi. Nah, berikut ini empat kesan atau nuansa ruangan yang muncul sebagai manipulasi dari pengaplikasian warna-warna cat dinding.

Ruangan Terlihat Lebih Luas

sumber: realtor.com

Warna diklasifikasikan menjadi dua, yaitu warna hangat dan warna dingin. Untuk membuat ruangan terkesan lebih luas, gunakanlah warna dingin. Warna-warna dingin mampu memanipulasi ruangan seolah dinding-dindingnya bergerak menjauh dan menghilang. Karena itu, ruangan bercat warna dingin terasa lebih lega.

Warna-warna dingin sangat ideal diaplikasikan pada ruang sempit. Dari semua warna cat yang ada, putih adalah pilihan warna dingin yang paling tepat. Untuk warna-warna dingin lainnya, bisa dipilih warna biru, biru muda, toska, ungu muda, dan perak.

Ruangan Terasa Lebih Intim

sumber: bhg.com

Ruangan yang terlalu luas dan ruangan terbuka terasa kurang intim. Apalagi untuk ruang makan dan keluarga, diperlukan kesan yang mendekatkan para penghuninya. Agar ruang terasa lebih nyaman, warna cat yang seharusnya dipilih adalah warna-warna yang memiliki nuansa hangat, misalnya merah, kuning, jingga, dan emas.

Warna-warna hangat mampu menghadirkan kesan yang lebih intim pada ruangan terbuka dan ruangan yang terlalu luas. Selain itu, warna hangat bisa memanipulasi seseorang untuk bisa fokus pada segala sesuatu yang ada di ruangan tersebut.

Ruangan Terasa Menenangkan

sumber: desain.id

Kesan menenangkan diperlukan pada kamar tidur dan ruang privat untuk menyendiri. Warna-warna yang bisa memberikan kesan menenangkan adalah warna biru dan hijau. Kedua warna tersebut adalah pilihan sempurna untuk menghadirkan sentuhan relaksasi pada ruangan.

Ruangan Tampak Lebih Menonjol

sumber: homedit.com

Ruangan berwarna netral seperti krem dan warna-warna pastel sering kali terasa datar atau membosankan. Untuk menciptakan kesan mencolok, aplikasikan warna-warna yang enerjik pada beberapa elemen pelengkap ruangan. Misalnya, tampilkan warna merah atau hijau lewat aksesori ruangan seperti bantal, vas bunga, lukisan, atau lampu. Bisa juga, hadirkan pola-pola atau tekstur yang kuat.

Warna-warna enerjik dipercaya dapat memanipulasi energi di sebuah ruangan. Ruangan yang menghadirkan warna-warna enerjik terasa segar, juga terkesan lebih berani dan menonjol.

Tinggalkan Balasan