Mengenal Cat Enamel dan Langkah-Langkah Pengaplikasiannya

Cat enamel merupakan pilihan tepat untuk melakukan pengecatan pada furnitur luar ruangan yang cepat usang. Cat enamel sendiri berbasis pelarut yang keras dan berdaya tahan tinggi.

Cat enamel memiliki ciri-ciri warna yang mengkilap seperti cat kuku dan akan membentuk seperti cangkang keras ketika sudah kering. Cat ini biasanya digunakan untuk mewarnai kerajinan kecil, pegangan tangga, hiasan jendela, teras, kaca, kayu, porselen, hingga kemarik.

Berbeda dengan cat akrilik yang berbasis lateks dan air, cat enamel berbahan dasar minyak yang menawarkan hasil akhir kedap air, bersih, dan sangat keras. Selain itu, jika dibandingkan dengan cat lateks atau akrilik, cat enamel membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering.

sumber: handymanoncallmd.com

Untuk mengaplikasikan cat enamel diperlukan kuas dengan bulu yang tepat dan teknik aplikasi yang berbeda dengan jenis cat lain untuk hasil yang baik. Karena berbahan dasar minyak, dibutuhkan pengencer cata atau pengencer pernis untuk membersihkan kuas sesaat setelah digunakan.

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan cat enamel? Simak langkah-langkah pengaplikasian cat enamel berikut ini:

Bersihkan Obyek Pengecatan
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta rapi, permukaan obyek yang akan dicat harus dipastikan bersih. Pada benda logam, cat enamel akan menempel pada objek melalui adhesi kimia dan adhesi mekanis, sehingga permukaannya perlu untuk diamplas terlebih dahulu untuk membantu proses adhesi mekanis. Alternatif lain, bisa gunakan amplas untuk mengikis permukaan logam. Logam bisa dikatakan siap untuk dicat jika tampilannya tidak lagi mengkilat.

Lindungi Perabot Lain
Jauhkan atau lindungi perabot dan benda-benda lain agar saat tidak terkena cat. Tutup kenop pintu dan perabotan dengan menggunakan selotip pelukis dengan menambahkan penanda atau dempul kecil untuk membantu proses pelepasan selotip ketika seluruh pengecatan telah selesai dilakukan.

Letakkan Lap di Area Pengecatan
Gunakan kain sprei tua yang sudah tidak terpakai, koran bekas, atau terpal plastik sebagai penanda letak cat, juga untuk menghindari ember cat tertendang dan tumpah. Penyediaan kain lap ini juga bisa mempermudah dan mempercepat proses pembersihan cat yang sedikit mengenai sisi furnitur.

Oleskan Tipis Lapisan Pertama
Pengaplikasian cat enamel membutuhkan dua sampai tiga tahapan. Sedangkan sebagai dasar, pengguna perlu mengaplikasikan lapisan cat enamel dengan tipis, yang diikuti dengan lapisan kedua dan ketiga yang lebih tebal. Proses ini akan membantu adhesi kimia sehingga tercipta ikatan kuat antara setiap lapisan cat.

Lepaskan Selotip Sebelum Cat Kering
Pastikan selotip pelindung sudah terlepas sebelum cat mengering untuk menghindari lapisan cat yang bergerigi ketika selotip dilepas saat sudah kering. Teknik ini dapat membantu cat enamel mengendap sedikit demi sedikit, dan meratakan dirinya sendiri dengan objek yang diwarnai dan seluruh lapisan cat.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan