Mudah Dilakukan, Ini 5 Tips Simpel Membersihkan Sofa Kulit

Banyak pemilik rumah yang ragu-ragu saat ingin membersihkan sofa kulit yang dimilikinya. Biasanya sih karena takut rusak, warnanya pudar, atau nodanya makin menyebar ke seluruh permukaan sofa. Karena hal tersebut banyak orang yang memilih membiarkan saja sofa kulitnya jika terkena coretan atau tumpahan minuman.

Sebenarnya ada cara yang sederhana untuk membersihkan sofa kulit. Berikut tips simpel dan trik jitu untuk menghilangkan noda-noda dari sofa kulit kesayangan di rumah.

Bersihkan Debu
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan sofa kulit adalah menghilangkan dulu debu-debu yang menempel. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian sofa sampai ke sela-selanya. Lalu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu-debu yang lebih besar atau untuk menjangkau bagian-bagian sofa yang mudah dijangkau.

sumber: cleaning.lovetoknow.com

Fokus pada Noda
Pastikan bagian mana yang harus bersihkan lebih lanjut, yakni bagian saja memiliki noda. Fokus pada noda tersebut, dan tinggalkan bagian lainnya yang tidak memiliki noda sama sekali. Hanya bagian-bagian yang bernoda saja yang perlu dibersihkan, tak perlu seluruhn bagian sofa.

Gunakan Kain Lembab
Untuk membersihkan bagian sofa yang tidak terlalu kotor, lap dengan menggunakan kain lembab dan sedikit air sabun. Gunakan bahan sabun yang tidak terlalu keras agar tidak menyebabkan kepudaran pada warna kulit sofa tersebut. Gunakan kain lap yang tidak terlalu basah dan bilaslah kain lap sesering mungkin. Hindari menggosok sofa dengan keras karena hal ini justru akan membuat sofa menjadi lebih kotor.

Pakai Larutan Cuka dan Air
Jika terdapat jamur di sofa kulit, semprotkan bahan pembersih jamur alami, yaitu campuran cuka dan air. Semprotkan hanya pada jamur yang muncul di sofa kulit. Semprotkan sedikit larutan saja dan lap secara perlahan-lahan agar tidak menyerap di bahan kulit sofa.

Gunakan Pembersih Khusus Sofa Kulit
Jika terdapat noda membandel pada sofa kulit, sebaiknya gunakan produk khusus untuk membersihkan noda pada sofa kulit. Jangan lupa baca dulu cara penggunaannya dengan saksama. Namun, biasanya produk tersebut digunakan dengan cara digosokkan pada sofa secara perlahan dengan menggunakan kain lembap. Lap secara perlahan sampai noda-noda tersebut hilang. Terakhir, keringkan sofa yang telah bersih tersebut dengan cara diangin-anginkan.

Tinggalkan Balasan