Pasang Pajangan Tanpa Merusak Dinding, Emang Bisa? Ini Dia Triknya!

Memiliki banyak foto kenangan membuat kita ingin sekali memajangnya di dinding. Tapi sayangnya, menggantung pigura berisiko merusak dinding akibat pemasangan paku, cat terkelupas, dan juga retaknya dinding di sekitar area tertancapnya paku.

Pasti nggak mau kan, dinding rumah rusak seperti itu? Nah, agar tetap bisa memasang pigura dan pajangan lainnya tapi dinding tetap mulus, kuncinya jangan pakai paku sama sekali! Ini dia trik yang bisa Sobat Ngopi aplikasikan di rumah.

Pakai Strip Perekat

sumber: spy.com

Untuk memajang foto atau gambar yang bobotnya ringan, gunakan strip perekat dua sisi. Jika tidak ada, tempelkan dua strip perekat yang dipasangkan pada dinding dan bagian belakang bingkai foto.

Strip perekat sangat mudah dipasang, cepat, dan tidak memerlukan bantuan alat apapun. Dan yang pasti, tidak ada lagi lubang paku di dinding yang merusak keindahan rumah.

Gunakan Kait/Gantungan Berperekat

sumber: zameen.com

Lupakan gantungan yang pemasangannya harus memakai paku jika tidak ingin dinding rusak. Belilah gantungan atau kait yang dilengkapi dengan perekat untuk ditempelkan pada dinding.

Namun, sama seperti strip perekat, gantungan berperekat juga tidak mampu menahan beban yang terlalu berat. Gantungan seperti ini juga kurang maksimal daya rekatnya jika dipasang pada dinding yang baru saja dicat. Selain itu, Sobat Ngopi juga pastikan dulu dinding dalam keadaan bersih, halus, dan rata sebelum memasang gantungan berperekat.

Pasang Pegboard

sumber: wearthlondon.com

Pegboard adalah sebuah platform yang digunakan sebagai media pajang. Permukaan pegboard berlubang-lubang, yang fungsinya untuk memasang kait atau gantungan. Pegboard banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran dan warna yang bisa dipilih sesuai selera dan interior ruangan.

Sisakan Ruang Kosong di Rak untuk Pajangan

sumber: marthastewart.com

Manfaatkan rak, meja, atau lemari untuk memajang foto atau dekorasi ruangan. Agar tak perlu digantung, sisakan sedikit space di rak untuk menyimpan pajangan. Jika ingin memajang lukisan kecil, senderkan bingkainya pada sekat belakang rak atau lemari. Nggak perlu paku, kan!

Jepit di Ornamen Lain

sumber: rudigambar.blogspot.com

Jika sudah terlanjur memajang hiasan dengan memakai paku di dinding, ya apa boleh buat. Mulai sekarang, usahakan jangan menambah jumlah lubang yang sudah ada. Lalu, kalau ingin menambah pajangan gimana caranya?

Sobat Ngopi bisa lakukan trik ‘numpang’, yaitu dengan menjepit pajangan baru di pajangan yang sudah ada. Jika ingin yang lebih kekinian, pasang tali rami pada pajangan yang sudah ada atau tempel dengan selotip pada dinding. Gunakan tali tersebut untuk memasang jepitan foto, sehingga ruangan menjadi instagrammable.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan