Perhatikan 7 Benda Ini Agar Dapur Tetap Aman untuk Anak-Anak

Senyaman apapun sebuah rumah, tetap ada sudut-sudut dan area yang tidak aman untuk anak-anak, salah satunya adalah dapur. Banyak benda di dapur yang berbahaya jika disentuh, dipegang, ataupun dimainkan oleh anak-anak.

Untuk menghindarkan si buah hati dari benda-benda berbahaya saat menjelajah dapur atau saat sedang membantu Anda memasak, maka ciptakanlah dapur di rumah Anda menjadi area yang aman buat anak-anak. Dan, kelima benda inilah yang harus diperhatikan agar dapur Anda tetap ramah anak.

sumber: arancucine.com

Kompor dan Benda Panas Lainnya
Api adalah salah satu yang paling berbahaya di dapur. Karena itu, jangan meninggalkan kompor dan peralatan masak penghasil panas lainnya, seperti microwave dan oven, dalam keadaan menyala. Simpan korek api, pemantik, dan blow torch di dalam lemari. Air panas dan minyak panas bekas menggoreng harus disimpan di dalam wadah khusus dan diletakkan jauh dari jangkauan anak-anak.

Pisau dan Benda Tajam Lainnya
Jangan biarkan si buah hati mendekati, apalagi sampai bermain dengan benda-benda tajam di dapur. Simpan pisau dan perkakas dapur yang tajam lainnya di dalam laci yang terkunci. Begitu pula dengan peralatan masak lain seperti blender dan mixer di bagian atas lemari, dan jangan lupa untuk dikunci.

Pintu
Perhatikan pintu menuju dapur, juga pintu yang menghubungkan dapur dengan area luar dan juga ruangan lain. Pastikan pintu-pintu tersebut tertutup rapat dan terkunci. Begitu juga dengan pintu laci dan lemari, jangan lupa untuk menguncinya. Jika laci atau lemari tersebut berisi benda tajam, masih tetap aman karena tidak bisa dibuka meski handle-nya masih bisa terjangkau anak kecil.

Furnitur Bersudut Tajam
Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, sebaiknya memilih furnitur yang tidak bersudut tajam atau bagian tepinya melengkung. Kalau sudah terlanjur memiliki furnitur dengan sudut-sudut berbahaya, cobalah lapisi sudut-sudut tersebut dengan kain yang agak tebal.

sumber: oppikoferjoinery.com.au

Stop Kontak dan Kabel Listrik
Saat mendesain rumah, jangan menempatkan stop kontak ataupun sambungan listrik di bagian bawah dinding atau tempat-tempat yang dalam jangkauan anak-anak. Jangan biarkan kabel listrik tergeletak begitu saja di lantai atau menjuntai di tepi meja.

Peralatan Listrik
Selalu matikan kembali peralatan listrik dan cabut listriknya setelah selesai memasak. Simpan peralatan masak di dalam lemari yang pintunya terkunci rapat. Jangan sampai anak-anak menjadi penasaran saat melihatnya dan memainkannya.

Tempat Sampah
Sampah mengandung bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi untuk anak-anak yang kondisinya rentan terhadap sakit. Karena itu, letakkan wadah sampah di tempat yang tak terjangkau si buah hati. Jangan lupa tutup rapat tempat sampahnya, jangan sampai sampahnya terpegang oleh tangan anak Anda.

Itu tadi benda-benda yang harus diperhatikan di dapur. Tapi jangan lupa, sebagai orang tua, Sobat Ngopi juga harus memperhatikan dan mengontrol gerak-gerik si kecil, ya!

Tinggalkan Balasan