Pilih Bangun Rumah Sendiri Ketimbang Beli? Ini Tipsnya

Membeli rumah memang tidak seribet membangunnya dari nol, Sobat Ngopi. Namun, ada banyak alasan yang membuat masyarakat lebih memilih untuk membangun rumah sendiri, mulai dari keterbatasan dana, selera, hingga kepuasan hati dalam mewujudkan rumah impian.

Jika Sobat Ngopi memilih untuk membangun sendiri rumah yang Anda idamkan, simak tips-tips berikut agar jadi pertimbangan sebelum mulai membangun.

sumber: euro-psy.org

Sesuaikan Keinginan dengan Dana
Dana adalah hal paling penting untuk diperhatikan di awal merencanakan membangun rumah. Sesuaikan keinginan dengan bujet yang ada di kantong Anda. Jika bujet membangun rumah impian Anda melebihi anggaran, ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa sedikit menunda pembangunan untuk menabung sambil uangnya terkumpul.

Atau, pilihan kedua adalah membangun rumah tumbuh. Anda tetap lakukan pembangunan, namun sesuai dengan dana yang ada. Jika kelak terkumpul kembali uangnya, rumah tersebut bisa dikembangkan ke samping, ke depan, ke belakang, atau ke atas.

Cocokkan Selera dan Konsep
Membangun rumah memberi Anda kebebasan untuk membuatnya sesuai dengan selera sendiri. Namun, tetap perhatikan konsep dan desain yang ingin diangkat. Misalnya, jika menyukai rumah bergaya minimalis, maka usahakan konsepnya tak keluar dari desain minimalis. Jika banyak desain yang Anda suka dan Anda masukkan semua konsepnya dalam satu rumah, hasilnya justru tidak akan terlihat bagus.

Sesuaikan dengan Kebiasaan dan Kegiatan Sehari-hari
Sesuaikan rancangan rumah dengan kegiatan dan kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Jika Anda sering kumpul keluarga, prioritaskan ukuran dan fasilitas di ruang keluarga. Jika Anda hobi memasak, buatlah dapur yang nyaman dengan peralatan masak yang lengkap. Jika Anda lebih banyak menghabiskan hari di kamar tidur, buatlah kamar tidur yang bikin betah berlama-lama di dalamnya.

Konsultasikan pada Ahlinya
Membangun rumah memang tidak bisa sembarangan. Jika punya anggaran lebih, sebaiknya konsultasikan pembangunan yang Anda lakukan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan jasa arsitek dan desain interior agar hasilnya lebih maksimal, baik dari segi kualitas bangunan maupun tampilan rumah yang diimpikan.

Tinggalkan Balasan