Pilih Furnitur Kayu atau Plastik, Masing-Masing Punya Keunggulan Tersendiri

Saat akan mendekorasi ruangan, kadang kita dihadapkan pada pilihan furnitur dari material kayu atau plastik. Jika bertanya mana yang lebih baik, tentu masing-masing mempunyai keunggulan yang berbeda.

Selain ukuran, model, dan warna, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah fungsi, peruntukan, dan juga penempatan furnitur tersebut. Berikut ini kelebihan furnitur kayu dan furnitur plastik yang membuat keduanya unggul pada sisi yang berbeda.

Model
Furnitur kayu memiliki model yang lebih tradisional dan menonjolkan tampilan natural. Furnitur kayu cocok ditempatkan pada rumah bergaya interior apapun, terutama yang menonjolkan bertema rustic, klasik, dan vintage.

sumber: argos.co.uk

Sementara, furnitur plastik punya bentuk dan model yang lebih beragam. Tinggal sesuaikan model dan warna perabotan dari material plastik yang cocok dengan desain dan tema ruangan yang ingin didekorasi.

Umur dan Ketahanan
Furnitur kayu umumnya cukup kuat dan bisa bertahan lama. Banyak mebel kayu yang berusia beberapa abad, namun tetap dalam kondisi yang baik. Apalagi jika dilapisi cat mengilap, tampilannya jadi lebih mewah. Dengan lapisan pelindung rayap dan jamur, furnitur kayu akan tetap awet walaupun berada di area dengan lingkungan cuaca ekstrem.

Harga
Tidak dapat dipungkiri jika furnitur plastik tidak bisa bersaing dengan furnitur kayu soal ketahanannya. Namun dari segi harga, furnitur plastik jauh lebih murah daripada furnitur kayu. Jika mencari perabot dengan biaya rendah, furnitur plastik sangat cocok.

Perawatan
Perawatan furnitur kayu dan plastik tergolong mudah. Keduanya hanya perlu dibersihkan secara rutin dari debu dan harus cepat ditangani bila terkena noda. Dengan perawatan yang baik, furnitur dari kayu dan plastik bisa berumur panjang.

Kenyamanan
Furnitur dari kayu dan plastik sebenarnya sama-sama relatif nyaman digunakan tergantung dari fitur tambahan yang diaplikasikan, seperti penggunaan kain pelapis, bantalan, dan cushion yang sesuai. Kenyamanan juga bergantung pada fungsi furnitur dan preferensi penggunanya.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan