Plafon Gipsum Cocok Nggak Sih Digunakan di Daerah Tropis?

Plafon gipsum merupakan salah satu jenis pilihan plafon yang popularitasnya semakin meroket beberapa tahun belakangan. Semakin banyak saja masyarakat yang menyukai plafon gipsum mengingat pemasangannya yang mudah dan tampilannya yang menawan.

Namun, tak sedikit pula yang menganggap kehadiran plafon gipsum membuat hunian menjadi lebih panas. Padahal, suhu sebuah rumah dengan plafon gipsum board akan lebih sejuk dibandingkan rumah dengan tipe plafon lainnya.

Hal tersebut karena struktur bagian dalam plafon gipsum dibungkus dengan aluminium foil sehingga dapat mencegah pantulan panas hingga 95%. Begitu suhu rumah menjadi lebih dingin, tidak perlu lagi menyalakan AC dan kita pun bisa berhemat karena tagihan listrik berhasil dipangkas.

foto: jasagypsumjakarta.com

Jadi jangan ragu lagi, karena plafon gipsum sangat cocok digunakan pada hunian yang berlokasi di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Untuk tujuan estetika, plafon gipsum juga cocok digunakan untuk mendekorasi rumah dengan gaya tropis. Permukaan plafon yang halus bisa memberi kesan tampilan permukaan layaknya pemakaian semen, sehingga membuat tampilan hunian lebih natural.

Penyambungan setiap plafon pun dapat ditutup dengan grouting, sehingga tidak mudah terlihat. Selain itu, bisa juga loh menutupi seluruh area papan gipsum dengan wallpaper.

Plafon gipsum juga sangat fleksibel dan dapat ditekuk menjadi berbagai bentuk dan desain, misalnya bentuk melengkung atau bentuk oval.

Warna asli plafon gipsum yang putih membuatnya bisa dipulas dengan berbagai warna cat yang diinginkan.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan