Plus Minus Atap Rumah Menggunakan Material Aluminium

Banyak pilihan material yang dapat digunakan sebagai atap rumah, salah satunya aluminium. Material atap ini banyak digunakan di Indonesia, dan lebih awam dikenal sebagai seng aluminium.

Setiap material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari segi biaya, kualitas, efisiensi, dan sebagainya. Termasuk juga penggunaan atap dari aluminium, yang memiliki plus dan minus sebagai bahan pertimbangan dalam membangun atau merenovasi hunian.

Kelebihan Atap Aluminium

sumber: superiorroofingva.com

Tahan Lama
Aluminium adalah material yang tahan lama. Penggunaan atap dari seng aluminium dipercaya akan awet hingga 50 tahun. Sementara, atap dari lembaran seng bahan lainnya hanya bisa bertahan selama 10-12 tahun. Artinya, atap lain harus diganti 5 kali lebih sering daripada atap aluminium.

Tidak Mudah Terbakar
Aluminium merupakan material yang tidak mudah terbakar. Karena itu, penggunaan material aluminium sangat cocok digunakan sebagai atap di kawasan rawan kebakaran.

Mudah Diperbaiki
Atap aluminium mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. Jika terjadi kebocoran, hanya perlu mengganti bagian yang rusak saja sehingga akan menghemat waktu dan biaya.

Ringan
Bobot aluminium relatif ringan, sehingga proses pemasangannya terbilang cepat ketimbang atap dari material lainnya.

Tahan Cuaca Buruk
Aluminium merupakan material yang sangat tahan terhadap cuaca buruk, bahkan saat hujan es dan serangan badai sekalipun. Ketahanannya terhadap cuaca buruk membuat atap aluminium tidak mudah berkarat.

Ramah Lingkungan
Aluminium juga termasuk bahan yang ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

Kekurangan Atap Aluminium

sumber: yumisteel.com

Mahal
Atap aluminium hargany terbilang mahal karena terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Harganya bahkan lebih tinggi daripada jenis atap seng baja. 

Berisik
Atap aluminium menimbulkan suara yang berisik saat hujan deras. Cara menyiasatinya, perbaiki selubung di bawah atap untuk mengurangi kebisingan.

Tampilan Monoton
Meskipun tidak mudah berkarat, namun atap aluminium harus rutin dicat. Hal itu karena tampilannya yang monoton. Agar tidak bosen dengan warnanya yang khas aluminium, cat atap secara rutin dalam waktu beberapa tahun sekali.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan